Modifikasi Skuter Matik Simpel? Dua Bagian Ini Perlu Diperhatikan

Modifikasi Skuter Matik Simpel? Dua Bagian Ini Perlu Diperhatikan Yamaha Aerox menjadi salah satu skuter matik yang dimodifikasi

KabarOto.com - Motor dengan tampilan standar tentu tidak akan memuaskan pemiliknya. Sampai akhirnya, mereka mengubah motor sesuai dengan yang diinginkan. Hal itu tentu saja bisa menarik perhatian orang lain.

Nah, bagi Anda pemilik skuter matik dan ingin membuat motor tampak menarik dan eye catching, sebaiknya memodifikasi sesuai dengan kebutuhan, tidak menimbulkan bahaya bagi diri sendiri dan orang lain.

Baca Juga: Modifikasi Jeep Gladiator 6x6 Bertenaga 750 Dk Jadi Rebutan Di Situs Ebay

Salah satu bagian sepeda motor matik yang sering dimodifikasi yaitu ban dan pelek. Saat memodifikasi kaki-kaki pada motor perlu diperhatikan adalah ukuran standar roda motor matic yang identik dengan ukuran kecil mulai dari 12 inci, 13 inci dan 14 inci.

Modifikasi simple mengganti ban dan pelek (Foto: yamaha)

Agar pengendara tetap nyaman dan aman digunakan bisa menggunakan rumus lebih besar dua tingkat dari ukuran standar. Misal, ban motor matik 90/80-14 inci, maka maksimal kenaikannya sampai dengan 110/80-14 inci. Jika melebihi rumus tersebut, dampaknya karet bundar bakal menyentuh suspensi dan spakbor.

“Jika ingin merubah dengan ukuran yang lebih besar atau kecil silahkan saja, dapat disesuaikan dengan kebutuhan," terang Fajar Afriansyah selaku trainer YRA Safety Riding.

Namun tidak disarankan menggunakan ban yang lebih kecil, karena berbahaya saat berada di jalan raya. "Kalau motor hanya buat kontes modifikasi, bisa disesuaikan keinginan dan kreativitas," tambahnya.

Agar tampilan ban motor tampak makin keren bisa menggunakan beragam aksesori pada side wall. Atau dengan pengganti pentil standar. "Penggunan aksesoris pada motor yang dimodifikasi tidak ada masalah, selama tidak mengganggu keselamatan," tambahnya.

Hasan Ardiansyah selaku Senior Service Advisor Yamaha FSS Jakarta menambahkan, modifikasi ban motor dilakukan di bengkel resmi. "Jika ingin ganti ban dengan ukuran yang berbeda, percayakan kepada tenaga profesional," jelas dia.

Baca Juga: Infinite Dirtbike Jadi Tema Modifikasi DM Work Motorcycle Asal Solo

Karena menurutnya, ban adalah komponen yang sangat penting untuk keselamatan berkendara, yang melekat ke aspal. "Jadi kalau mau dimodifikasi, harus dengan orang yang mumpuni dibidangnya,” tuturnya.