POPULAR STORIES

Modifikasi Volkswagen Beetle Yogyakarta, Disulap Jadi Karmann Ghia Bertenaga Listrik

Modifikasi Volkswagen Beetle Yogyakarta, Disulap Jadi Karmann Ghia Bertenaga Listrik Bengkel modifikasi Kupu-Kupu Malam menyulap VW Beetle menjadi Karmann Ghia (KabarOto/Kipli)

KabarOto.com - Siapa tak kenal mobil klasik ikonik seperti produksi Volkswagen (VW). Apalagi keluarga VW banyak punya cerita di keluarga Tanah Air, contohnya Safari, Combi, Beetle (Kodok) atau versi mewahnya yakni Karmann Ghia.

Melestarikan mobil lawas tersebut, Kupu-Kupu Malam Auto Custom yang sudah malang melintang di dunia modifikasi, merombak sebuah VW Kodok lansiran 1965 menjadi sebuah Karmann Ghia atau bahasa kerennya body conversion.

Baca Juga: JSRT Gandeng IX12 Garage dan Bedjo VW Clinic Bakal Ramaikan Drag Race Kelas VW Klasik

Detailnya bisa dilihat mulai dari bagian bumper keseluruhan yang sudah menggunakan OEM Karmann Ghia, begitu juga dengan lampu depan dan belakang, kaca, hingga pernik lain seperti spion luarnya.

Pengerjaan eksterior hingga finishing menggunakan Spies Hecker berkelir orange candy, dikerjakan oleh Kupu-Kupu Malam Auto Custom yang dipunggawai oleh Rudi Purnomo. Tak hanya itu, semua trim dan detail interior hingga finishing juga dikerjakan olehnya.

Baca Juga: Jangan Sedih, Merchandise Resmi Vespa World Days (VWD) 2022 Masih Tersedia

Selesai? Tentu tidak. Karena mesin standar Volkswagen Beetle yang konvensional tersebut dipensiunkan. Mesin standarnya mengusung konfigurasi 4 silinder boxer berkapasitas 1.200 cc berpendingin udara.

Kini, giliran Sinden Auto Performance yang ambil alih untuk dapur pacunya. Mesinnya diganti menggunakan motor elektrik, atau berpenggerak tenaga listrik dengan daya 50 kW yang mampu menyemburkan tenaga 69 dk.

Meski demikian, pihaknya mengklaim bahwa transmisinya masih menggunakan tipe manual 4 percepatan.

Suspensinya juga dioprek dengan adjustable lowering kit custom dari Sinden Auto Performance, yang membuat mobil ini makin rapat bumi. Tak ketinggalan, untuk mempercantik tampilan kaki-kaki, dipilih pelek RDW dengan ukuran 15 inci dengan lebar 6,5 inci. Wah, unik sekali!