Monitor HU Dynavin Untuk Nissan Serena C26, Bebas Browsing Hingga Putar Lagu

Monitor HU Dynavin untuk Nissan Serena C26, Bebas Browsing hingga Putar Lagu Foto: Rio

KabarOto.com – Sekian tahun melayani, fitur head unit Nissan Serena dengan kode bodi C26 sebenarnya sudah cukup lengkap. Namun sayangnya, setelah dipakai selama 61 ribu km, fungsi touchscreen mulai rusak.

“Sisi kiri monitor tidak bisa lagi dipencet, jadi hanya bisa atur volume, itu pun kadang tak bisa,” ujar Rafasenna, pemilik Serena kelahiran 2013 ini.

Setelah konsultasi dengan Kartolo Saimin, pemilik Dharma Audio, akhirnya diputuskan sekalian ganti dengan monitor HU lansiran Dynavin HU-A1/T3.

Baca juga: Ini Rekomendasi Upgrade Sistem Audio Mitsubishi Xpander Ultimate

Serunya, HU ini sudah pakai OS Android, jadi fitur apapun yang ada di smartphone, sebenarnya bisa saja di-install. Nah, spesifikasinya punya display HD yang bisa memutar video dengan resolusi 1080 HD. “Harganya Rp 2,5 juta sudah termasuk pasang,” ungkap Akang, panggilan akrabnya.

Pakai OS Android 6.0 Marshmallow, HU ini punya RAM 2Gb dengan ROM 16Gb. Enaknya lagi, enggak perlu repot jumper atau potong kabel, karena pasangnya sudah socket to socket. Alhasil, cukup ditunggu sekitar 1 jam, HU pun sudah berganti unit. “Itu juga yang lama bongkar pasang panel plastik dasbor tengah, karena dijaga supaya enggak pecah,” kata Iwan, installer yang merakitnya.

Baca juga: All New Suzuki Jimny 2019 – Pertama Pakai Audio Bening

Pemasangan socket to socket, jadi enggak perlu banyak ubahan di kabel

Setelah terpasang, monitor ini tinggal disambungkan dengan Wifi. Bisa dari smartphone atau modem. Sama seperti HP, pemilik tinggal cari di menu setting, lalu Wifi, lalu koneksikan dengan sinyal yang tertangkap.

Jadi, HU ini bisa jadi sumber lagu atau video, melalui aplikasi yang ter-install, atau bisa juga hanya jadi keluaran suara, apabila dikoneksikan melalui Bluetooth. Jadi, sumber lagunya tetap dari smartphone, namun suaranya keluar di speaker mobil.

Mesti menyetel kedua sekrup ini agar layar monitor sesuai dengan frame bawaan Serena

Pun, prinsipnya juga sama dengan smartphone, nanti terkadang HU akan minta update software. Nah ini terserah pemilik nanti, mau langsung update supaya menu dan fiturnya selalu terkini, atau dibiarkan dengan tampilan lama.

Nah untuk Rafa, menu yang harus tampil di layar utama adalah Google Maps, Spotify dan Youtube. “Nanti bisa saja ditambah misal Waze atau aplikasi lain yang diinginkan. Tinggal pilih di apps store,” sambung Akang yang bermarkas di Jl. Gunung Sahari No.14D, Jakarta Utara.

Tinggal aktifkan wifi, lalu install aplikasi sesuai selera. Jangan lupa update juga ya

Tampilan layar pun minimalis dan simpel, hanya ada fungsi pengaturan volume di sisi kanan monitor, sementara di sisi kiri ada menu On/Off, home menu, back dan Fn.

Buat keluarga yang memiliki anak kecil hingga remaja, HU monitor ini sudah lebih dari cukup untuk menghibur selama perjalanan.

Baca juga: Audio Toyota Land Cruiser Sahara Ini Hasil Garapan Ahli Elektro Dan Modifikator