Ini Rekomendasi Upgrade Sistem Audio Mitsubishi Xpander Ultimate

Ini Rekomendasi Upgrade Sistem Audio Mitsubishi Xpander Ultimate

KabarOto.com - Mitsubishi saat ini sedang gencar mengeluarkan beragam jenis kendaraannya, yang terbaru yaitu Xpander Cross. Tapi jangan lupa dengan saudara kembarnya, Xpander juga masih jadi primadona sebagai LMPV di Indonesia. Salah satu varian tertingginya adalah Xpander Ultimate A/T.

Berbicara varian tertinggi tentunya ada fitur yang mumpuni, seperti start/stop engine, keyless, head unit multi media, hingga kamera untuk parkir.

Baca juga: Test Drive Mitsubishi Xpander Sport A/T

Mitsubishi Xpander Ultimate A/T

Jalan-jalan dengan keluarga akan semakin menyenangkan jika bisa mendengarkan lagu sepanjang jalan. Head unit dan speaker merupakan komponen penting, khususnya untuk sistem hiburan dalam kabin Mitsubishi Xpander Ultimate.

Kerennya walaupun mobil LMPV yang menjunjung kenyamanan berkendara dan kapasitas penumpang, Xpander Ultimate sudah melengkapinya dengan head unit multimedia. Jadi head unit ini sudah dilengkapi dengan pemutar CD/DVD juga koneksi radio AM/FM, Bluetooth, AUX, dan USB.

Head unit OEM look yang memiliki fitur melimpah seperti head unit pada Xpander Ultimate

Jika Sobat KabarOto ingin mengubah penampilan head unit Xpander selain Ultimate, supaya mirip dengan varian tertinggi ini, bisa gunakan head unit model universal namun sama-sama model 2DIN. Seperti lansiran Kenwood yang dibanderol Rp 2,8 juta, dengan fitur dan kelengkapan sama seperti head unit standar Xpander Ultimate.

Pemasangannya cukup mudah, tidak ada perubahan dudukan saat pemasangan. Bagi pemilik Xpander Ultimate juga bisa mengadopsi head unit ini, layarnya lebih besar ketimbang bawaan standarnya.

Baca juga: Mitsubishi Perkenalkan Xpander Cross, Ini Harganya

Tersedia head unit dengan layar lebih besar, pemasangan hanya mengalami sedikit perubahan

Terdapat beberapa pilihan lainnya, ragam head unit ini memiliki banyak fitur dan juga kualitas suaranya. Juga kejernihan gambar yang dihasilkan, head unit dengan spesifikasi lebih tinggi dari bawaan standar Xpander Ultimate ini tersedia lansiran Kenwood hingga Pioneer, dengan estimasi direntang harga Rp 4,8 juta hingga Rp 7 jutaan.

"Banyak ragam pilihan head unit, ada yang buatan Tiongkok. Namun kelemahannya produk ini terletak pada daya tahannya lebih rendah dibandingkan produk Jepang. Selanjutnya kelemahan terasa kalau kita dengarkan radio, signal frekuensi radionya sedikit lebih lemah," jelas Harten sebagai pemilik Audiotones.

Baca juga: Bikin Mitsubishi Xpander Kece Pakai Pelek Orisinal, Yuk

Speaker model 2 way lansiran Pioneer

Selanjutnya ada merek Tomico dengan ukuran monitor sekitar 10 inci. Pemasangannya harus menggunakan dudukan model custom, sehingga head unit berkisaran Rp 3 juta hingga Rp 4 juta ini akan mudah terpasang pada dashbor Xpander.

"Kelemahannya, secara kesan tidak menyatu. Cuma secara keuntungan, monitornya lebih besar dan fiturnya banyak," tambah Harten.

KabarOto juga melakukan cek audio di Audiotones Serpong untuk mengetes suara yang dikeluarkan dari sistem audio Mitsubishi Xpander Ultimate.

Baca juga: Profil - Mitsubishi Xpander Cross

Head unit standar Xpander Ultimate sudah memiliki fitur lengkap

Uji suara dilakukan dengan alat ukur yang dinamakan RTA (Real Time Analyzer), dengan alat ini bisa terdeteksi pada frekuensi mana terjadi ketidak beresan. Dampaknya terjadi pada kualitas suara yang dihasilkan.

"Dari grafik di sini (RTA), ada beberapa titik yang kesannya jatuh dan ada beberapa titik yang kesannya naik," paparnya.

Jika Sobat KabarOto ingin menghasilkan suara hanya dengan melakukan pengaturan equalizer, Auditones menyarankan untuk pemasangan atau menambahkan prosesor. Pasalnya, prosesor bisa mengubah suara dari masing-masing speaker kiri-kanan serta depan-belakang. Masing-masing dapat diubah sebanyak 31 titik (frekuensi).

Processor Venom bisa mendongkrak kualitas suara audio

"Masing-masing speaker dua depan dan dua belakang bisa diubah 31 titik ditambah 8 channel. Ini udah sama kabel plug and play, sistem ini yang paling laku di pasaran karena tidak ada kabel yang dipotong," jelas pria berkacamata itu.

Harga prosesor dari Venom berkisar di Rp 5,5 juta, tapi ada merek aftermarket lainnya seperti Cello, Helix, Domination, LM Audio, dan beberapa lainnya. Harga terendah dimiliki oleh Cello yaitu Rp 1,8 juta.

Jika menambah prosesor masih dirasa kurang atau Sobat KabarOto ingin mengganti speaker saja, ada beberapa rekomendasi juga nih Sob. Pertama speaker dari Reverb E62 dengan harga Rp 4,5 juta. Selanjutnya speaker dari Pioneer tipe TS-D65C dengan harga berkisar Rp 3 juta. Speaker ini sudah satu paket dengan tweeternya juga, dimana perangkat ini bisa dibuka dan dipasang hingga ukuran terkecil.

Dengan upgrade ini, dipastikan kualitas audio pada kendaraan Mitsubishi Xpander bisa lebih baik.

Baca juga: Beli Mitsubishi Xpander Gak Perlu Pusing Biaya Perawatan Hingga 3 Tahun