POPULAR STORIES

Monster Energy Yamaha MotoGP Sudah Buka Selubung

Monster Energy Yamaha MotoGP Sudah Buka Selubung Sumber Foto : Yamaha MotoGP

KabarOto.com – Jelang tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, tim pabrikan asal Jepang, Monster Energy Yamaha MotoGP resmi merilis tunggangan anyar Yamaha YZR-M1, Jumat (4/2).

Siap menghadapi musim baru, adapun YZR-M1 terbaru dikemas dengan livery yang sedikit berubah dibandingkan musim sebelumnya. Sedianya akan menjadi besutan Fabio Quartararo nomor 20 dan Franco Morbidelli bernomor 21.

Baca Juga : Resmi Meluncur! Pramac Racing Siap Hadapi MotoGP 2022

Tampilan samping YZR-M1 2022

"Masa istirahat musim dingin cukup lama, tapi saya merasa terus sibuk sepanjang waktu. Ada banyak acara yang harus saya hadiri, dan tentu saja latihan tetap berjalan seperti biasa. Saya bersemangat untuk memulai musim baru dan mulai berkendara dan melakukan pengembangan. Kami mendapat gelar tahu lalu, dan itu hebat. Sekarang, kami harus fokus pada kejuaraan tahun ini," ungkap Fabio Quartararo.

Masih bernuansa biru khas Yamaha, tetapi dengan garis-garis di bodi motor terlihat lebih menonjol ketimbang versi sebelumnya. Kini, logo sponsor utama Monster Energy juga masih terpampang jelas. Selain livery, penampakan fisik juga tidak banyak perubahan. Bentuk aerofairingnya juga masih mirip dengan model sebelumnya.

Pada shakedown test lalu, Yamaha terlihat tidak banyak mencoba part yang berhubungan dengan aerodinamika. Namun, pabrikan Jepang itu tampaknya masih berkonsentrasi soal pengembangan mesin agar bisa mendapat mesin yang lebih bertenaga dari sebelumnya.

Selain motor, Yamaha kini memiliki duet baru yakni Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli. Walaupun duet ini tidak terlalu baru usai Vinales yang didepak dan diisi oleh Morbidelli.

Baca Juga : Yamaha Perpanjang Kontrak Cal Crutchlow Hingga 2023

“Tahun 2021 adalah musim yang sangat hebat bagi kami. Tapi, sekarang sudah 2022 dan sangat bersemangat unuk memulai musim baru. Gelar juara itu adalah enam tahun sebelum kami menang terakhir kali 2015 lalu bersama Jorge Lorenzo. Jadi untuk kembali ke puncak benar-benar bermanfaat bagi tim. Tentu saja untuk para pembalap, sponsor, dan grup motor Yamaha ini adalah mahkota tahun yang fantastis,” ungkap Lin Jarvis selaku Team Principal Yamaha MotoGP.

Usai pembalap asal Prancis itu memiliki performa apik selama musim 2021. Quartararo kini menjadi senjata utama utama Yamaha untuk mempertahankan titel MotoGP.

"Kami sudah memiliki beberapa data untuk diperhatikan, dan saya sudah terbiasa dengan motor dan tim ini," yakin Morbidelli.

Dirinya mengakui selalu memiliki feeling yang bagus mengendarai Yamaha, "Tapi M1 ini sangat mulus. Saya tidak sabar untuk mulai mengendarai motor 2022 saat ini karena lutut saya dalam kondisi yang lebih baik. Saya sangat tertarik untuk melihat bagaimana kemajuan kami akan berlanjut. Saya juga berharap dapat melihat seluruh tim lagi di tes. Suasana di tim sangat bagus tahun lalu, jadi mari kita lihat langkah apa yang bisa kami lakukan selama pengujian musim dingin."

Di musim baru ini, duet Quartararo dan Morbidelli tentu akan dibantu oleh Cal Crutchlow yang baru saja resmi diperpanjang kontraknya sebagai tes rider. Mantan pembalap LCR Honda itu bakal lebih fokus untuk menjalani pengujian YZR-M1 agar motor lebih kompetitif.