POPULAR STORIES

Morgan Super 3, Terinspirasi Pesawat Tempur

Morgan Super 3, Terinspirasi Pesawat Tempur Morgan Super 3 (Foto: Morgan Motor Company)

KabarOto.com - Morgan Motor Company jelang penutup Februari 2022 meluncurkan model teranyar, Morgan Super 3. Diyakini sebagai bagian dari sejarah manufaktur yang berdiri sejak 113 tahun lalu.

Para ahli di Malvern, Worcestershire, meyakini membutuhkan material andal yang bakal membuat Morgan Super 3 ini menyuguhkan pengalaman berkendara. Bahkan diklaim sebagai yang pertama di jajaran Morgan gunakan struktur monokok.

Baca juga: Morgan Plus 8 GTR, Hanya Ada 9 Unit



Super 3 ini sebagai suksesor 3 Wheeler yang sebelumnya cukup sukses diperkenalkan 2011 hingga 2021. Kini Super 3 mulai buka harga £41.995 atau setara Rp 807 juta.



Paling menarik dari Super 3 adalah mengambil inspirasi era pesawat jet tempur yang kemudian dipadukan desain dan rancang bangun pertengahan abad lalu. Tentu saja memerhatikan aerodinamika dipadu struktur alumunium. Bahkan tetap mempertahankan tampilan depan seperti tapal kuda.



Sideblades yang berfungsi sebagai diffuser plates menjadi terobosan unik di Super 3. Selain memberikan gaya tekan, namun juga memberikan efek pendinginan di bagian mesin dan radiator.



Ruang interior terbuka, namun Morgan memastikan semua bahan dan komponen yang digunakan dapat mudah menyingkirkan air meski ada soket USB di sana. Sebagai contoh pilihan untuk jok adalah vinyl, kulit anti air, saddle leather yang punya daya tahan serta bahan fabric diolah secara tehnik agar anti air. Tak ketinggalan anti paparan ultra violet sehingga warna tidak memudar.



Oh iya, CX-Generation platform yang ddigunakan di Super 3 memang bukan barang baru, tapi telah disempurnakan. Sebelumnya sudah digunakan di Aero 8 dan Plus Four serta Plus Six. Perihal dimensinya memiliki panjang 3.581 mm, lebar 1.850 mm dan tinggi 1.132 mm.



Mesin yang biasanya diagung-agungkan oleh Morgan adalah V-Twin, kali ini adalah mesin tiga silinder lansiran Ford. Sayangnya belum ada embel-embel turbo, tapi diklaim tenaganya 116 dk pada 6.500 rpm dan torsinya 150 Nm pada 4.500 rpm.

Baca juga: Morgan Plus Four CX-T, Siap Hajar Jalur Off-Road



Tapi mesin tiga silinder tersebut tak menjadi kendala, karena bobot kendaraan hanya 635 kg. Akselerasi 0-100 kpj bisa ditorehkan 7 detik dan kecepatan tertingginya 209 kpj. Transmisi lima percepatannya diambil dari Mazda MX-5.