MotoGP 2021 Indonesia, Begini Persiapan Sirkuit Mandalika

MotoGP 2021 Indonesia, Begini Persiapan Sirkuit Mandalika Foto: Kipli/Edo/KO

KabarOto.com - Indonesia didaulat menjadi tuan rumah ajang balap motor bergengsi di dunia, yakni MotoGP 2021. Lantas apa saja proses yang dilakukan untuk menyelesaikan 'PR' bagi pengelola sirkuit tersebut.

Kepala Operasi Olahraga Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Dyan Dilato memastikan Indonesia sebagai salah satu tuan rumah MotoGP 2021, oleh karena itu pengerjaan Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat terus dikebut.

Trek balap yang dekat dengan pantai itu dijadwalkan rampung pada akhir tahun ini dan diklaim akan menjadi sirkuit jalanan yang berbeda dengan sirkuit jalanan yang berada Macau dan Singapura.

Baca Juga: Sah! Ini Dia Bentuk Sirkuit MotoGP Mandalika

Dyan memastikan proses pengerjaan konstruksi sirkuit telah mencapai 10 persen. "Tahap pre-konstruksi diperkirakan akan selesai pada bulan Juni, sebelum Federasi Balap Motor Indonesia (FIM) melalukan homologasi," ujarnya saat dimintai keterangan wartawan disela-sela peluncuran pelumas Motul di sirkuit Sentul, Jawa Barat.

Sirkuit Mandalika akan memiliki lintasan sepanjang 4,31 kilometer dengan 16 tikungan. "Istimewanya, Sirkuit Mandalika ini berada di tengah-tengah kompleks wisata yang menjadi kawasan ekonomi khusus dengan dikelilingi oleh keindahan alam khas Lombok, Nusa Tenggara Barat," imbuh mantan pembalap superbike itu.

Ia bilang sirkuit Mandalika juga menjadi satu-satunya lintasan balap MotoGP yang mengusung konsep street circuit yang punya jumlah tikungan berimbang, yakni 8 buah ke kiri dan 8 buah ke kanan.