POPULAR STORIES

MotoGP Amerika 2021: Marc Marquez Hentikan Kemenangan Beruntun Francesco Bagnaia

MotoGP Amerika 2021: Marc Marquez Hentikan Kemenangan Beruntun Francesco Bagnaia Sumber Foto : MotoGP

KabarOto.com – Pembalap tim Repsol Honda, Marc Marquesz tidak tersentuh di MotoGP Amerika 2021 di Circuit of The Americas (COTA), Minggu (3/10) atau Senin dini hari WIB.

Marc Marquez berhasil menyelesaikan balap berdurasi 20 lap di COTA dengan 41:41,435 detik alias unggul 4,679 detik dari Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha). Peringkat ketiga ditempati oleh Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) dengan gap 8,547 detik.

Baca juga: Pembalap Yamaha Keluhkan Kondisi Lintasan Circuit Of The Americas

Memulai balapan dari posisi ke-3, Marquez langsung melesat dan memimpin balapan sejak tikungan pertama diikuti Quartararo dan Bagnaia. Pada 5 lap awal pembalap bernomor 93 itui masih bermain aman dan tidak berjarak begitu jauh dari pembalap di belakangnya.

Kemenangan kedua Marquez musim 2021

Setelahnya, Marquez mampu menemukan ritme balapnya dan langsung menjauh dan mampu menjaga jarak dengan para rivalnya.

“Semua sesuai rencana kami. Mencoba start bagus, mengambil tikungan 1 di posisi pertama dan berusaha secepat mungkin ke depan. Saya sempat kelelahan menjelang akhir balapan. Tetapi, saya melihat Quartararo sudah cukup jauh jadi masih bisa sedikit tenang,” ungkap Marc Marquez.

Begitu pula dengan Quartararo yang tampil konsisten walaupun tidak bisa mengejar Marquez. Berbeda dengan Bagnaia, dirinya memulai balapan dengan start yang kurang baik. Walaupun begitu, Bagnaia mampu bangkit di pertengahan balapan dan di lap ke-13, Jack Miller (Ducati Lenovo) memberikan posisinya untuk mengejar Jorge Martin (Pramac Racing).

Baca juga: Menjelang MotoGP Amerika 2021, Marc Marquez Tidak Percaya Diri

“Hari ini saya sangat senang, secara hasil hari ini cukup bagus melihat jarak saya dengan Bagnaia. Dan, saya juga senang dapat melihat dukungan para fans di Amerika,” ungkap Fabio Quartararo.

Pada saat Pecco sudah mendekat, Martin mendapatkan long lap penalty karena memotong jalur sehingga melanggar track limit. Tidak butuh waktu lama, Pecco menyalip Martinator yang sudah mulai melambat. Usai menjalani long lap penalti, posisi ke-4 diambil oleh Alex Rins (Suzuki Ecstar).

Hingga balapan berakhir, Marquez tidak mampu tersentuh dan meraih kemenangan ke-7 kalinya di COTA. Tidak hanya itu, Joan Mir (Suzuki Ecstar) posisinya diturunkan ke-8 usai mendapatkan hukuman dari Race Director karena gaya balapnya membahayakan dan terjadi sedikit konflik dengan Miller.

“Saya berjuang keras dari balapan sebelumnya, trek kali ini cukup berbahaya dan harus mencari celah. Motor kami hari ini sangat kompetitif, tetapi saya cukup berjuang keras di sektor pertama. Ritme balapan kami hari ini juga lebih baik dengan menjaga kondisi ban hingga akhir balapan. Karena saya merasa hari ini bannya lebih kurang traksinya dari hari sebelumnya,” ugkap Francesco Bagnaia.

Kemenangan ketujuh Marquez di COTA

Baca juga: Menjelang MotoGP Amerika 2021, Brembo Pakai Spesifikasi Khusus

Hasil MotoGP Amerika 2021:

  1. Marc Marquez (Repsol Honda) 41:41,435 detik

  2. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) +4,679 detik

  3. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) +8,547 detik

  4. Alex Rins (Suzuki Ecstar) +11,098 detik

  5. Jorge Martin (Pramac Racing) +11,752 detik

  6. Enea Bastianini (Esponsorama Racing) +13,269 detik

  7. Jack Miller (Ducati Lenovo) +14,722 detik

  8. Joan Mir (Suzuki Ecstar) +13,406 detik

  9. Brad Binder (Red Bull KTM) +15,832 detik

  10. Pol Espargaro (Repsol Honda) +20,265 detik

  11. Miguel Oliveira (Red Bull KTM) +23,055 detik

  12. Alex Marquez (LCR Honda) +24,743 detik