POPULAR STORIES

MotoGP Inggris 2021 : Quartararo Mendominasi, Aprilia Raih Podium Pertama

MotoGP Inggris 2021 : Quartararo Mendominasi, Aprilia Raih Podium Pertama Sumber Foto : MotoGP

Kabaroto.com – Pembalap tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo berhasil mendominasi GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu kemarin (29/08).

Saat balapan belum lama dimulai, ada drama yang melibatkan Marc Marquez (Repsol Honda) dengan Jorge Martin (Pramac Racing). Usai start, kedua rider itu bersaing cukup ketat untuk memperebutkan empat besar.

Usai disalip Martin, Marquez yang berusaha merebutnya salah perhitungan. Alhasil, MM93 lepas kendali dan mengenai Martinator, mereka berdua pun terjatuh di tikungan 9. Dengan begitu, rider pabrikan Honda hanya menyisakan Pol Espargaro saja.

Baca juga: Sirkuit Mandalika Masuk Jadwal Tes Pramusim MotoGP 2022

Hasil podium MotoGP Inggris 2021

"Hari ini saya sangat senang bisa meraih podium pertama. Usai sesi kualifikasi kemarin yang cukup berat saya cukup kehilangan kepercayaan diri. Saya berterima kasih kepada seluruh fans yang hadir disini. Dan terima kasih kepada tim dan keluarga saya juga yang mendukung saya. Tidak lupa terima kasih juga kepada mekanik saya yang dapat memperbaiki kesalahan motor saya usai sesi kualifikasi kemarin," ungkap Fabio Quartararo.

Dengan mengawali balapan dari start terdepan jelas memberikan keuntungan bagi Polyccio. Namun, keuntungannya tidak bertahan lama usai memimpin empat lap. Pol disalip oleh Quartararo yang sebelumnya merangkak dari posisi keempat. Dengan mengambil alih posisi terdepan, tentu tidak disia-siakan begitu saja oleh El Diablo.

Baca juga: Mengenal Ban Asimetris Di MotoGP

Bersela dua lap, El Diablo mampu memberikan gap sejauh dua detik. Bahkan, memasuki lap ke-12, pembalap asal Prancis itu sudah unggul tiga detik.

Alex Rins meraih podium kedua

Selain dominasi Quartararo, pertarungan sengit terjadi untuk memperebutkan podium kedua. Alex Rins (Suzuki Ecstar) melawan duo Espargaro. Sayangnya, balapan menyisakan enam lap Pol melebar sekaligus membuat Jack Miller (Ducati Lenovo) masuk ke empat besar.

"Terima kasih banyak, posisi kedua ini saya dedikasikan untuk fans yang hadir disini. Saya sedikit kesulitan untuk mengendalikan motor saya hari ini. Walaupun begitu, saya mampu menjaga phase dengan pembalap lain dan hasil hari ini cukup baik untuk kami," ungkap Alex Rins.

Menjelang sektor terakhir, duel sengit antara Miller dan Aleix Espargaro (Aprilia Racing) terjadi. Miller sempat mengambil alih posisi tiga. Namun, hal itu tidak bertahan lama, Aleix mampu menyalip di tikungan dan berhasil mempertahankan posisinya hingga finish.

Balapan akhirnya dimenangi Quartararo yang mana merupakan kemenangan kelimanya di musim ini. Posisi kedua berhasil direngkuh oleh Rins diikuti oleh Aleix.

Baca juga: Pembalap Federal Oil Gresini Moto2 Potensi Raih Poin Di Inggris

Aleix Espargaro berhasil raih podium pertama bersama Aprilia

Dengan torehan Aleix di Inggris, ini menjadi sejarah bagi pabrikan Noale itu dengan meraih podium pertamanya usai keikutsertaannya kembali di MotoGP selama enam tahun.

"Rasanya seperti mimpi, saya sangat senang. Rasanya sangat lama sekali untuk mencapai podium tentunya secara bertahap. Saya tidak menyangka bisa meraih podium untuk Aprilia. Walaupun begitu, perjuangan kami tidak berhenti sampai disini saja. Kami harus tetap bekerja keras dan berusaha konsisten untuk balapan berikutnya. Tentu saja podium ini untuk Aprilia dan istri saya. Karena dia saya bisa berada disini," ungkap Aleix Espargaro.

Seri ke-13 MotoGP 2021 akan berlanjut di MotorLand Aragon, Spanyol yang akan berlangsung pada 12 September mendatang.

Berikut Hasil MotoGP Inggris 2021:

  1. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha)

  2. Alex Rins (Suzuki Ecstar) +2,663 detik

  3. Aleix Espargaro (Aprilia Racing) +4,105 detik

  4. Jack Miller (Ducati Lenovo) +4,254 detik

  5. Pol Espargaro (Repsol Honda) +8,462 detik

  6. Brad Binder (Red Bull KTM) +12,189 detik

  7. Iker Lecuona (KTM Tech3) +13,560 detik

  8. Alex Marquez (LCR Honda) +14,044 detik

  9. Joan Mir (Suzuki Ecstar) +16,226 detik

  10. Danilo Petrucci (KTM Tech3) +16,287 detik

  11. Johann Zarco (Pramac Racing) +16,339 detik

  12. Enea Bastianini (Esponsorama Racing) +17,696 detik