POPULAR STORIES

MotoGP Mandalika 2023 Dorong Perekonomian Daerah Dan Nasional

MotoGP Mandalika 2023 Dorong Perekonomian Daerah dan Nasional Foto : Mandalika International Sircuit.

KabarOto.com – MotoGP Grand Prix Indonesia kembali digelar tahun ini. Ajang balap motor bergengsi dunia yang diselenggarakan Pertamina akan berlangsung di Sirkuit Pertamina Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) 13 hingga 15 Oktober mendatang.

Pertamina kembali menjadi sponsor utama untuk perhelatan MotoGP Indonesia. Dukungan Pertamina bukan hanya sebatas untuk mendorong olahraga otomotif saja, namun memajukan perekonomian nasional, serta UMKM Tanah Air.

“Tahun lalu di saat kita masih dalam pandemi COVID-19, pelaksanaan MotoGP Mandalika bisa membawa 102 ribu penonton yang hadir menyaksikan langsung balap motor kelas dunia tersebut. Event ini mampu meningkatkan perekonomian Nusa Tenggara Barat hingga 3,5 % pada Kuartal I tahun 2022. Jadi dampaknya luar biasa” ungkap Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati.

Baca Juga : Bersama Toyota, Pertamina Kembangkan Ekosistem Mobil Hidrogen

Tahun lalu MotoGP berhasil memberikan sumbangsih terhadap perekonomian nasional dengan nilai transaksi sekitar Rp 5 triliun. Nilai tersebut diperoleh dari seluruh ekosistem yang mendukung, dan terdampak positif dari acara tersebut. Bahkan dari sisi UMKM, mencatat nilai transaksi hingga Rp 800 miliar.

“Tenaga kerja langsung yang terserap di saat acara itu mencapai hingga 4.600 orang. Jadi pertumbuhan ekonomi berputar, transaksi demikian besar, penyerapan tenaga kerja juga terjadi,” papar Nicke.

Baca Juga : Honda Berisiko Kehilangan Tiga Pebalapnya Di MotoGP Musim Depan

Pertamina bersama pemerintah daerah, dan penyelenggara juga berupaya meningkatkan sarana prasarana di lokasi acara guna menambah rasa nyaman bagi para penonton yang hadir.

Selain itu Pertamina juga hadirkan The Ultimate Box berkonsep Pit Garage dari pembalap MotoGP, berisikan simulator balap MotoGP yang didatangkan langsung dari Italia. Untuk mempromosikan Pertamina GP of Indonesia 2023, The Ultimate Box akan melakukan roadshow ke sejumlah kota mulai dari Jakarta, Bandung, Semarang, Medan, Batam, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Bali, dan Lombok.