POPULAR STORIES

MotoGP Thailand 2021 Dibatalkan, Sirkuit Mandalika Menjadi Pengganti?

MotoGP Thailand 2021 Dibatalkan, Sirkuit Mandalika Menjadi Pengganti? Sirkuit Buriram, Thailand

KabarOto.com – MotoGP Thailand 2021 yang rencananya dilaksanakan di Sirkuit Buriram pada 10 Oktober mendatang, resmi dibatalkan.

Pembatalan tersebut karena keputusan terbaru Pemerintah Thailand terkait pelaksanaan ajang MotoGP di negaranya. Pemerintah setempat memutuskan menunda penandatanganan kontrak penyelenggaraan MotoGP hingga tahun depan.

Baca Juga : Andrea Dovizioso Punya Syarat Jika Membantu Honda

Keputusan ini diambil karena pandemik Covid-19 yang tidak kunjung mereda. Artinya, Sirkuit Buriram baru bisa dipakai kembali pada 2022-2026 mendatang. Meskipun begitu, biaya lisensi tidak akan berubah yakni 900 juta baht atau setara Rp 420 miliar selama periode lima tahun.

Sirkuit Mandalika

Thailand menjadi negara pertama yang memutuskan mundur dari ajang MotoGP 2021, di mana akan ada perubahan dalam kalender balapan musim ini, meski belum ada konfirmasi jadwal sementara dari Dorna Sports. Walaupun dibatalkan, dikabarkan pihak Dorna menegaskan tetap melanjutkan kontrak ke depannya dengan negeri Gajah Putih tersebut.

Baca Juga : Mercedes-AMG Petronas Umumkan Tanggal Peluncuran Mobil Terbaru

Mundurnya MotoGP Thailand membuat satu seri kosong pada jadwal sementara musim 2021. Di sisi lain, ada kemungkinan MotoGP Indonesia 2021 yang digelar di Sirkuit Mandalika bisa masuk untuk mengisi jadwal kosong tersebut.

Namun, Sirkuit Mandalika harus segera menyelesaikan proses pembangunan serta homologasi dan persiapan lainnya dengan matang dan tepat waktu agar bisa tampil sebagai tuan rumah di MotoGP 2021. Dan, hingga saat ini Sirkuit Mandalika belum mendapatkan homologasi dari pihak penyelenggara MotoGP.