Motor Jarang Di Pakai, Kapan Waktu Yang Pas Ganti Oli?

Motor Jarang di Pakai, Kapan Waktu Yang Pas Ganti Oli? Perhatikan waktu yang pas mengganti oli pelumas (foto: istimewa)

KabarOto Tips, Bro n Sist mengganti oli secara berkala salah satu keharusan bagi pengendara sepeda motor. Namun saat sepeda motor jarang di pakai, kapan waktu yang pas untuk mengganti oli sepeda motor?. Berikut penjelasan bro Ryan dari bengkel RMS.

Ketentuan untuk urusan service sepeda motor semua sudah tercantum dengan baik dalam buku panduan servise, saat kita membeli sepeda motor. Mengacu pada buku panduan servis, mana yang terlebih dahulu di capai, baik kilo meter (km) ataupun patokan bulan.

"Dalam pengertian, meski dalam jarak tempuh atau km belum saatnya ganti oli, tetapi sepeda motor sudah lama tidak di pakai, maka oli pelumas dapat segera di ganti, terlebih lagi sepeda motor tidak dipakai selama lebih dari tiga bulan," ungkap Bro Ryan kepada KabarOto.

Untuk lebih baiknya lagi, penggantian oli pelumas harus berdasarkan patokan jarak tempuh. Dengan begitu kita dapat memastikan keadaan mesin lebih baik dan terukur.

"Gunakan patokan dengan kilo meter lebih baik dan akurat, setiap 3.000 km. Dan bila sepeda motor lama tidak di pakai, sebaiknya sepeda motor selalu di panaskan (warm up), agar mesin selalu dalam keadaan baik, dan sirkulasi oli pelumas pada mesin tetap baik," pungkas Bro Ryan.

baca juga: