POPULAR STORIES

Motor-Motor Ini Menggunakan Busi Dengan Fitur Unik

Motor-Motor Ini Menggunakan Busi dengan Fitur Unik Yamaha Xmax memiliki busi dengan fitur yang berbeda dari motor lain

Kabaroto.com - Sebagai salah satu komponen pengapian yang krusial, busi memiliki fitur-fitur yang didesain khusus dengan spesifikasi yang berbeda untuk masing-masing kendaraan.

Busi pada sepeda motor, selain memiliki fungsi untuk pengapian, juga memiliki fitur-fitur yang didesain khusus untuk berbagai jenis motor. Karena kebutuhan setiap mesin motor berbeda-beda, tergantung dengan keinginan dari masing-masing pabrikan. Terlebih di saat ini terjadi perubahan tren popularitas motor bebek ke motor matik.

Baca Juga: Busi Murah Berkualitas Dari NGK Untuk LMPV Dan LCGC

Perubahan tren tersebut mau tidak mau ikut mendorong terjadinya inovasi dan pengembangan mesin motor agar semakin optimal. Sebagai contoh pemakaian busi tipe NGK LMAR8A-9 yang digunakan ke motor Yamaha Xmax dan Honda Forza.

Honda Forza

Diko Oktaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia mengatakan, LMAR8A-9 dan Laser Iridium LMAR8BI-9 untuk Xmax dan Forza memiliki fitur yang cukup beda dari motor lainnya. Busi motor ini memiliki fitur yang disebut dengan Long Reach, yaitu penggunaan ulir busi sepanjang 26,5 mm.

Penggunaan ulir yang cukup panjang tersebut bukan tanpa alasan, diciptakan meningkatkan efisiensi sistem pendingin yang lebih besar. Tujuannya tujuan menaikkan kemampuan kompresi.

Busi Honda ADV

Selanjutnya ruang bakar dan sudut katup yang lebih kecil menghasilkan efisiensi yang tinggi. Jalur pendinginan lebih lebar untuk mencegah knocking dan lubang busi yang lebih kecil menjadikan design mesin lebih fleksibel. “Tak hanya Xmax dan Forza, Honda PCX, ADV pun businya memiliki fitur khusus yang beda dari motor matik lainnya,” terang Diko.

Busi NGK MR8K-9 didukung dengan penggunaan fitur dan material baru pada elektroda pusatnya, sehingga memiiki sifat anti-spark erosion dan anti-oxidation. “Material itu membuat busi memiliki performa pengapian yang maksimal, dengan masa pakai yang lebih panjang,” tambahnya.

Baca Juga: NGK Hadirkan Busi Untuk Avanza, Xenia Dan LCGC Harganya Rp45 Ribu

Diko pun mengingatkan, untuk pengguna motor yang mau ganti busi selalu perhatikan part number busi yang sesuai dengan kendaraan. “Supaya pengguna motor dapat merasakan performa dan efisiensi yang paling optimal,” tutupnya.