POPULAR STORIES

Mudah, Ini Cara Rawat Kaki-kaki Agar Laju Mobil Tak 'Seret'

Mudah, Ini Cara Rawat Kaki-kaki Agar Laju Mobil Tak 'Seret'

KabarOto.com - Beberapa pemilik kendaraan pernah mengalami gejala roda mobil seperti terkunci atau tersendat. Laju mobil seolah terasa tertahan diselingi suara aneh pada area roda. Gejala tersebut dianggap cukup serius bagi sebagian besar pengguna kendaraan.

“Gejala nge-lock atau seperti terkunci tersebut muncul karena kampas rem masih menjepit cakram ketika mobil mau dijalankan. Umumnya terjadi ketika mobil habis jalan lalu dicuci dan tidak jalan dalam waktu lama," jelas Rafi’i Sinurat, Kepala Bengkel Astra Peugeot Cilandak, Jakarta Selatan.

Menurutnya, selain itu, biasanya hal tersebut terjadi akibat proses pengeringan tidak optimal di area roda hingga rawan timbul karat atau residu. Alhasil posisi kampas sulit lagi ke posisi bebas (free).

Baca juga: Peugeot Resmikan Logo Baru, Ini Filosofinya

Perawatan untuk bagian tersebut harus diperhatikan dengan cara seperti jangan mencuci komponen seputar roda baik cakram, kaliper, ataupun pelek mobil saat berada di kondisi suhu yang panas. "Sebaiknya untuk mencuci bagian tersebut, tunggu hingga kondisi suhu sudah lebih normal atau menurun," ujarnya.

Perawatan area roda baik untuk dilakukan secara rutin, terutama jika kendaraan yang digunakan sering melalui genangan air. Pastikan cakram dan pelek bebas dari debu dan terutama kotoran yang biasa terakumulasi akibat sisa gesekan antar kampas rem.

“Mencuci rem cakram dan pelek cukup mudah, layaknya ritual mencuci mobil. Sebab kotor di pelek karena debu itu mudah dibersihkan jika sering dicuci. Apalagi kebanyakan pelek saat ini memiliki finishing dengan lapisan cat,” imbuh Rafi’i.

Baca juga: Pemilik Peugeot Lawas, Ada Diskon Bengkel 25 Persen Untuk Tipe 306 Dan 406

Finishing pelek dengan chrome, cara merawatnya tinggal pakai carian khusus pembersih chrome. Umumnya cairan ini membersihkan bekas gemuk (grease) yang nempel membandel dan sulit dibersihkan dengan air.

Untuk pelek yang memiliki motif jari (mesh) atau juga memiliki banyak palang, biasanya lebih sulit untuk dibersihkan. Cobalah menggunakan sikat halus untuk membersihkan celah-celah sempit di antara palang.

Jika membandel, maka ulangi terus proses membersihkan dan hindari penggunaan minyak tanah atau bensin karena dapat membuat cat menjadi kusam. Jika memungkinkan, sesekali lepaskan pelek agar proses pencucian lebih detail. Menurutnya, tak perlu sering-sering, tiga bulan sekali adalah waktu yang tepat.