POPULAR STORIES

Mudahkan Pengendara Saat Parkir, Roda Hyundai Ioniq 5 Bisa Berputar 360 Derajat

Mudahkan Pengendara Saat Parkir, Roda Hyundai Ioniq 5 Bisa Berputar 360 Derajat Hyundai Ioniq 5 di CES 2024 (Autoevolution)

KabarOto.com - Hadir di CES 2024, Mobis memodifikasi Hyundai Ioniq 5 agar bisa berjalan ke samping. Dilengkapi Sistem e-Corner, mobil dengan nama Mobion tersebut mengalami beberapa perubahan visual dan peningkatan teknis. Memudahkan pengendara saat parkir, rodanya bisa berputar 360 derajat.

Seperti dilansir Autoevolution, mobil ini mendapatkan bumper baru di bagian depan dan belakang. Tak hanya itu, desain lampu depan dan belakang juga mengalami perubahan.

Menurut perusahaan yang melakukan modifikasi, mobil listrik tersebut mampu mengingatkan pengguna jalan lain akan keberadaan pejalan kaki. Lampu depan khusus juga berfungsi sebagai sein agar arah kendaraan bisa lebih jelas terlihat.

Baca Juga : Hyundai Ioniq 5 NPX1 Meluncur di Tokyo Auto Salon 2024

Sistem proyeksi yang baru berfungsi 360 derajat, sehingga dapat memproyeksikan garis penyeberangan dan membuat pejalan kaki lebih aman ketika hendak menyeberang jalan.

Namun yang benar-benar memukau pengunjung pameran di Las Vegas, adalah Sistem e-Corner generasi terbaru. Teknologi ini terkait kemudi, sistem pengereman, dan suspensi yang terintergrasi dengan empat motor listrik kecil pada setiap roda.

Foto : Autoevolution

Konfigurasi ini memungkinkan setiap roda menghasilkan tenaganya sendiri dan beroperasi secara independen. Roda kendaraan juga bisa berputar lebih, mampu berbelok hingga 360 derajat. Artinya, mobil dapat berkendara ke samping, sehingga memudahkan manuver masuk dan keluar tempat parkir.

Mobil konsep ini juga dilengkapi dua sensor LiDAR jarak pendek, dipasang di dekat lampu depan dan digabungkan dengan sensor LiDAR jarak jauh, yang ditempatkan pada panel depan.

Baca Juga : Hyundai Hadirkan Taksi Terbang Listrik S-A2 di CES 2024, Siap Angkut Penumpang

Rakitan tersebut membantu mobil bergerak secara lateral dan diagonal, dalam kondisi aman karena mampu mengidentifikasi objek di sekitar. Teknologi ini sangat membantu ketika kendaraan hendak berpindah jalur saat melaju di kecepatan tinggi.

Wakil Presiden Hyundai Mobis Lee Seung-Hwan mengatakan, teknologi In-Wheel siap untuk segera diproduksi massal. Meski demikian, Ia enggan mengungkapkan secara detail kapan waktu yang tepat terkait penjualan.

Saat ini, Mobis telah berhasil melakukan uji jalan raya untuk memastikan kemampuan sistem operasi kendaraan. Pada Convention Center di Las Vegas, perusahaan juga melakukan beberapa demonstrasi dengan kecepatan lambat melalui tayangan video.