Mulai Akhir 2019, Semua Model Land Rover Akan Memakai Teknologi Hybrid

Mulai Akhir 2019, Semua Model Land Rover Akan Memakai Teknologi Hybrid Range Rover Sport PHEV (Land Rover)

KabarOto.com - Produsen mobil asal Inggris, Land Rover, rupanya sedang menjajaki era baru dalam menghadirkan produk-produk unggulannya di pasar dunia. Pasalnya, Land Rover berencana untuk menghentikan produksi mobil bermesin bahan bakar konvensional.

Sebagai gantinya, produsen mobil legendaris tersebut akan mengeluarkan model baru yang dipersenjatai dengan tenaga listik. Rencananya ini sedianya akan mulai dijalankan pada akhir 2019.

Baca juga: Meski Pakai Mesin Lebih Kecil, Tenaga Land Rover Discovery Terbaru Tetap Sangar Sob!

Seperti dikutip dari Autocar, Kamis (23/05/2019), Land Rover akan menyediakan mesin berteknologi hybrid dan plug-in hybrid untuk semua model baru. Paling dekat, Range Rover Evoque generasi terbaru juga akan tersedia dalam model PHEV.

Memasuki era elektrifikasi

Selain Evoque, ada empat model mobil hybrid lain yang akan dikeluarkan Land rover. Salah satunya adalah Range Rover generasi kelima, yang direncanakan bakal muncul di tahun 2021.

Model paling mewah di jajaran produk Land Rover ini, akan menggunakan teknologi PHEV di atas platform aluminium serba baru yang dinamai MLA. Platform ini diklaim lebih ringan dari pada yang digunakan saat ini, namun dapat mengakomodir mesin konvensional dan sistem penggerak listrik dengan baik.

Satu hal yang menarik, rupanya Land Rover juga menyiapkan Range Rover all-electric. Tetapi, model khusus ini akan ditargetkan pada pengguna kota, khususnya di wilayah Asia Timur.

Diklaim tetap tangguh di berbagai lintasan mesik menggunakan listrik

Baca juga: Land Rover Lakukan Penyempurnaan Pada Discovery Sport

Teknologi PHEV yang disandang Land Rover terbaru, akan menggabungkan mesin Ingenium enam silinder dengan motor listrik ganda. Satu motor listrik untuk membantu roda depan bergerak dan satu lagi untuk roda belakang.

Baterainya sendiri, dikatakan dapat memberikan jangkauan untuk berkendara di mode listrik murni sejauh 64 km. "Saat ini kita memang sedang ke arah sana (elektrifikasi), dan kita sedang mempersiapkan beberapa model baru," ujar Jentri Izhar, Brand Director PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) saat ditemui KabarOto beberapa waktu lalu.

Model lain yang rencananya akan ikut 'disetrum' adalah Defender terbaru, yang akan dilengkapi teknolodi mild hibryd dan plug-in hybrid, dengan penggerak bagian belakang bertenaga listrik.