Mulai Bulan Depan, Penikmat Pertalite Dan Solar Wajib Daftar Di MyPertamina

Mulai Bulan Depan, Penikmat Pertalite dan Solar Wajib Daftar di MyPertamina Kipli, Pertamina

KabarOto.com - Mulai 1 Juli 2022, Sobat KabarOto yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite dan Solar, harus mendaftar ke website MyPertamina atau aplikasi MyPertamina di handphone.

Alhasil, hanya konsumen terdaftar saja yang bisa membeli kedua jenis BBM tersebut. Pihak Pertamina klaimnya juga akan memberikan jangka waktu bagi konsumen untuk mendaftar.

Bagi yang telat mendaftar, pihaknya mewanti siap-siap tidak bisa lagi membeli Pertalite dan solar diarahkan untuk mengisi BBM non-subsidi.

Baca juga: Waspada, Begini Cara Bedakan Pelumas Asli Pertamina Dengan Yang Palsu

Begitu konsumen mendaftarkan kendaraan dan identitasnya, maka akan mendapat notifikasi melalui email terdaftar.

Pengguna terdaftar akan mendapatkan QR Code khusus yang menunjukan data tersebut cocok dan memang diperbolehkan mengisi Pertalite dan Solar.

Inisiasi, rencananya sistem ini akan diuji di beberapa kota atau kabupaten tersebar di lima provinsi yaitu Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat dan DI Yogyakarta.

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) tengah mengatur kriteria mobil yang bisa membeli Pertalite dan Solar.

Baca juga: Banyak Kerugian, Pertamina Tindak Tegas Pemalsuan Pelumasnya

Sejauh ini Kepala BPH Migas Erika Retnowati mengatakan pemilik mobil mewah dengan kapasitas mesin sedang atau besar yang bakal dilarang beli Pertalite dan Solar.

Namun, belum ada rincian lebih jelas berapa besar mesin yang dimaksud. BPH Migas juga menggandeng Universitas Gadjah Mada untuk melakukan kajian terkait besaran kapasitas mesin tersebut tersebut.