POPULAR STORIES

Mulai Tahun 2025, Seluruh Mobil Hyundai Menggunakan Platform Digital

Mulai Tahun 2025, Seluruh Mobil Hyundai Menggunakan Platform Digital Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com - Hyundai mengumukan akan menggunakan 'Software Define' pada seluruh line up produknya mulai tahun 2025. Artinya, seluruh mobil Hyundai akan dipindahan ke platform digital yang membuatnya tetap terhubung.

Pabrikan mobil Korea Selatan ini menginvestasikan dana sekitar USD 12,6 miliar hingga tahun 2030. Semua kendaraan Hyundai produksi baru mulai tahun 2023 akan dapat menerima pembaruan over-the-air.

Berarti, pada tahun 2025, semua jajaran produk Hyundai akan dilengkapi dengan kemampuan untuk memperbarui software tanpa pernah mengunjungi bengkel. Pasalnya, software update bisa dilakukan melalui smartphone, di mana pemilik mobil juga tidak perlu ke counter untuk sekedar update software.

Baca Juga : Hyundai Ioniq 5 Tiba-tiba Mogok, Ini Kronologi Lengkap Dan Tanggapan HMID

Rencana software mobil listrik Hyundai

Chung Kook Park, selaku Presiden dan Kepala Divisi R&D, Hyundai Motor Group mengatakan “Hyundai Motor Group akan membuka potensi masa depan mobil dan membuka kemungkinan baru untuk menulis ulang pengalaman pelanggan dan memberikan cara hidup baru, yang kaya dengan makna dan nilai,"

Selain itu, fitur itu tidak terbatas pada kendaraan listrik saja dan akan membantu konsumen dalam meningkatkan value dari mobilnya. Karena pembaruan software lebih mudah diperkenalkan dan diterima, mobil akan tetap up-to-date seiring bertambahnya usia.

Baca Juga : Hyundai 30 N Drive-N Limited Edition Meluncur, Diproduksi Hanya 180 Unit

Hyundai mengatakan akan memperkenalkan fitur on demand service tahun depan. Platform ini akan memungkinkan pelanggan untuk mendaftar fitur dan membayarnya sesuai kebutuhan.

Platform tersebut akan dilengkapi dengan sistem operasi mobil terhubung (ccOS) yang dikembangkan secara internal oleh Hyundai group.

Platform ini diklaim dapat memaksimalkan kinerja hardware melalui daya komputasi tinggi dan platform data baru. Kemampuan itu akan diprovide oleh NVIDIA. Platform ini juga akan menawarkan peningkatan 50 persen jangkauan mobil listrik dan akan mampu mengemudi otonom Level 3.