POPULAR STORIES

Musim Hujan Tiba, 6 Bagian Motor Yang Perlu Dicek Agar Selalu Prima

Musim Hujan Tiba, 6 Bagian Motor yang Perlu Dicek agar Selalu Prima Pemotor menerobos jalan banjir (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Hujan mulai mengguyur berbagai wilayah di Indonesia, termasuk Jabodetabek. Motor sebagai alat transportasi untuk mendukung aktivitas, selalu siap sedia di segala kondisi, panas dan hujan.

Pengguna sepeda motor tentu, harus waspada saat berkendara di jalan raya yang basah dan cenderung licin. Bahkan tergenang air. Selain cara berkendara, kondisi motor juga harus selalu terjaga dengan baik.

Baca juga: Bikers Jangan Gegabah Terobos Hujan, Ini Tipsnya

Muslian, Manager Service Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers mengatakan, selain berhati-hati dalam berkendara, pengendara juga harus melakukan pengecekkan kendaraan, berikut komponen yang wajib diperiksa:

1. Menjaga kebersihan sepeda motor

Setelah dipakai saat hujan, motor harus segera dibilas. Selain kondisinya lebih bersih, agar terhindar dari pasir dan kotoran yang menempel pada komponen sepeda motor. Membersihkan motor setelah kena air hujan juga bertujuan agar komponen besi dan logam di motor tidak terserang karat atau korosi.

Pengendara motor terjatuh saat hujan (Foto: Istimewa)

2. Cek rantai untuk motor sport atau bebek

Bagi motor yang menggunakan rantai sebagai penggerak, jika bagian ini sering terkena air hujan, akan mudah kering dan berkarat. Oleh karenanya, setelah terkena air hujan rantai dibersihkan dan diberi pelumas rantai.

3. Cek busi

Jika memang terpaksa melewati genangan air yang cukup tinggi, pastikan mesin dalam keadaan mati. Namun saat melewati sudah terlanjur mesin menyala, dan mogok, bisa jadi terdapat masalah di sistem pengapiannya.

Segera lakukan pengecekkan bagian busi, kepala busi, dan kap busi. Jika basah terkena air, lepas kepala businya lalu dibersihkan dan dikeringkan, lalu dipasang kembali.

Cek tekanan angin

4. Ban

Kondisi kembang ban harus diperiksa, tekanan udaranya juga harus sesuai dengan aturan pabrikan ban. Diharapkan kondisi tekanan ban tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah serta pastikan ban tidak gundul agar terhindar dari sliding yang membahayakan pengendara saat musim hujan.

5. Knalpot

Saat melewati jalan yang tergenang, air bis saja masuk ke dalam knalpot, dan motor akan mogok. Bila knalpot sudah masuk dan terendam air disarankan untuk tidak langsung menghidupkan motor. Kamu bisa menghubungi bengkel terdekat untuk menanganinya.

Baca juga: Musih Hujan Tiba, Begini Cara Merawat Motor Supaya Tetap Prima

Rem perku dibersihkan secara rutin

6. Kampas rem

Jkka kampas rem terkena air hujan terutama dengan intensitas yang cukup lama, maka mengakibatkan timbul bunyi. Untuk perawatan cukup mudah yaitu dengan cara dilepaskan komponennya lalu dikeringkan dan dibersihkan. Kampas rem aus segera diganti. Namun jika konsumen kurang paham cara untuk melepas komponen tersebut dapat mengunjungi bengkel terdekat.