POPULAR STORIES

New Honda Stylo 160 Dan Yamaha Grand Filano Mana Lebih Unggul?

New Honda Stylo 160 dan Yamaha Grand Filano Mana Lebih Unggul? New Honda Stylo 160 (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Hadirnya New Honda Stylo 160 digadang-gadang menjadi pesaing Yamaha Grand Filano. Keduanya berada di segmen sama, skutik bergaya retro. Mana lebih unggul dari dua motor ini, dari sisi desain, fitur dan juga harga?

Desain Honda Stylo 160 dan Yamaha Grand Filano mengusung model skutik retro khas Eropa. Namun, di fascia depan, kedua skutik ini punya cirinya masing-masing. Lampu sein Stylo model 'V', sedangkan Filano lebih sederhana, dengan model tarikan vertikal.

Yamaha Grand Filano mengusung model skutik Eropa

Soal dimensi, Stylo memiliki panjang 1.886 mm, lebar 701 mm dan tinggi 1.133 mm. Untuk varian tertinggi (ABS) lebih lebar 5 mm. Sedangkan, Filano memiliki panjang 1.820 mm, lebar 685 mm, dan tinggi 1.155 mm.

Spesifikasi tersebut menunjukkan, Stylo lebih panjang dan bongsor, namun masih lebih pendek dari Filano.

Fascia depan Honda Stylo 160

Baca Juga: New Honda Stylo 160 Tidak Akan Mengambil Pasar Scoopy Dan Genio

Desain retronya tidak sejalan dengan fitur yang dihadirkan pada kedua skutik tersebut. Filano dan Stylo dibekali fitur-fitur modern. Stylo dibekali lampu full LED, spidometer digital, soket pengisi daya ponsel, smart keyless dan pengereman dengan sistem Antilock Braking System (ABS) untuk varian tertingginya.

Sementara itu, Yamaha Grand Filano juga menggunakan lampu full LED, spidometer digital, soket pengisi daya smartphone dan smart keyless. Meskipun tidak dibekali rem ABS, tapi skutik ini memiliki fitur Y-Connect yang menghubungkan motor dengan smartphone.

Fascia depan Yamaha Grand Filano

Dari segi performa, Honda Stylo 160 lebih unggul dari Yamaha Grand Filano. Motor baru pabrikan berlambang sayap itu, dibekali mesin eSP+, 4 katup, berpendingin cairan berkapasitas 160 cc, mampu menghasilkan tenaga 15 dk pada 8.500 rpm, dan torsi 13,8 Nm pada 7.000 rpm.

Baca Juga: New Honda Stylo 160 Tipe ABS Dan CBS, Ini Perbedaannya

Spidometer Honda Stylo 160

Sementara itu, Yamaha Grand Filano dibekali mesin 1 silinder, SOHC, Hybrid-Connected menggunakan platform Blue Core, diklaim telah disempurnakan dengan hybrid 125 cc, sehingga membuat bahan bakar menjadi lebih efisien.

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 8,1 dk pada 6.500 rpm dan torsi maksimum 10,4 Nm pada 5.000 rpm. Memiliki kompresi rasio 11:1. Selain itu, didukung Camshaft dengan fitur dekompresi, membuat pergerakan starter awal menjadi lebih mudah dan tidak berat.

Spidometer Yamaha Grand Filano

New Honda Stylo 160 tipe ABS dibanderol Rp 30.425.000, tersedia dalam 3 warna yaitu Royal Green, Royal Matte Black dan Royal Matte White.

Pada tipe CBS dipasarkan dengan harga Rp 27.550.000 (on the road Jakarta), tersedia dalam 3 warna juga yaitu Glam Red, Glam Black dan Glam Beige.

Varian Yamaha Grand Filano Neo dibanderol Rp 27 juta, sedangkan varian Lux Rp 27,5 juta.

Nah, dengan spesifikasi dan harga yang ditawarkan, kalian pilih yang mana Sob?