POPULAR STORIES

New Triumph Tiger 1200, Hadir Lebih Ringan Dan Fitur Baru

New Triumph Tiger 1200, Hadir Lebih Ringan dan Fitur Baru Sumber Foto : Triumph Motorcyles

KabarOto.com – Pabrikan motor asal Inggris, Triumph Motorcycles baru-baru ini meluncurkan pembaruan motor touring terbesar mereka yaitu Triumph Tiger 1200 lansiran 2022.

Pihak Triumph mengatakan, untuk pengembangan Tiger 1200 terbaru ini berfokus pada apa yang diminta oleh para konsumen pencinta motor adventure. Pihak pabrikan klaim Tiger 1200 terbaru ini lebih ringan dan memiliki kelincahan yang lebih baik.

Baca Juga : Siap Dikoleksi, Triumph Motorcycle Luncurkan 8 Motor Gold Line Edition

Tiger 1200 GT Pro

Motor ini lebih ringan berkat penggunaan sub-frame belakang aluminium, tangka bahan bakar aluminium, dan tri-rangka baru. Tidak hanya itu, motor ini menggunakan lengan ayun dengan penggerak poros yang lebih kecil dan ringan. Alhasil, motor ini memiliki bobot lebih ringan sekitar 25 kg, dan lebih ringan 17 kg dari rivalnya yaitu BMW R1250 GS.

Secara tampilan, motor adventure tinggi ini terlihat lebih ramping, dengan lampu ganda lebih pipih yang sudah LED dengan LED DRL ini memiliki sistem active cornering light. Dari samping, tidak banyak perubahan, hanya penggunaan semi fairing dengan yang lebih agresif.

Di bagian kaki-kaki, suspensi dari Showa dengan sistem semi-adaptif. Bagian pelek, ada dua ukuran berbeda tergantung variannya. Yaitu 21 inci di depan dan 18 inci di belakang (varian GT), dan 19 inci depan dan 18 inci (varian GT) ini dibalut ban Metzeler Tourance. Sedangkan untuk varian Rally dibalut ban Metzeler Karoo Street.

Baca Juga : Benelli Hadirkan Leoncino 125 dan TRK 800 Terbaru di EICMA 2021

varian GT Explorer

Pelek tersebut disandingkan dengan cakram ganda ukuran 320 mm berkaliper monobloc Brembo M4.30 Stylema untuk depan dan cakram tunggal 282 mm berkaliper tunggal. Selain itu, untuk varian GT, GT Pro dan Explorer memiliki dua pilihan ketinggian jok yaitu 850 mm dan 870 mm. sedangkan, untuk Rally Pro dan Rally Explorer adala 875 mm dan 895 mm.

Bicara soal fitur, kini terdapat fitur sistem radar yang dikembangkan bersama dengan Continental yang dapat memberitahu ada kendaraan lain saat di titik blind spot pengendara. Lalu, ada lane keeping assist, Cornering Traction Control (semua varian), dan layar instrument kluster TFT full colour berukuran 7 inci yang dapat terkoneksi via Smartphone melalui aplikasi My Triumph yang dapat menerima panggilan telepon, navigasi, dan kontrol GoPro.

Baca Juga : MV Agusta Lucky Explorer Project 9.5 Dan 5.5, Siap Dibawa Bertualang

Rally Pro (kiri), Rally Explorer (kanan)

Tidak hanya itu, terdapat pemanas kursi untuk pengendara dan penumpang, tyre pressure monitoring system, dan enam riding mode (varian Rally) sementara untuk entry-levek GT hanya tiga riding mode.

Bicara soal performa, motor ini dibekali mesin tiga silinder T-Plane triple crank berkapasitas 1.160 cc yang memiliki keluaran tenaga tingga 150 dk dengan torsi 130 Nm. Tenaga tersebut disambung ke transmisi manual 6 percepatan dengan slipper clutch.

Triumph Tiger 1200 2022 hadir dalam beberapa varian yaitu GT, GT Pro, GT Explorer, Rally Pro, dan Rally Explorer. Bicara soal harga, mulai dari EUR17.750 atau setara Rp 287 juta hingga EUR22.450 atau setara Rp 363 jutaan.