POPULAR STORIES

Nih.. Alasan DFSK Pakai Mesin Turbocharged Di Glory 560 Dan Glory 580

Nih.. Alasan DFSK Pakai Mesin Turbocharged di Glory 560 dan Glory 580 DFSK Glory 560 (Deni/KO)

KabarOto.com - PT Sokonindo Automobile, selaku Agen Pemegang Merek (APM) DFSK mengklaim, penggunaan mesin turbocharged kepada kedua line-up produk Sport Utility Vehicle (SUV) mereka, yakni Glory 580 dan Glory 560 untuk dapat mengejar mesin yang efisien, dan mesin yang lebih bertenaga.

Sugihartono, Product technology of Training Team PT Sokonindo Automobile mengatakan, penggunaan teknologi turbo bertujuan untuk meningkatkan efisiensi BBM. Dengan penggunaan turbocharged, akan membuat mesin lebih efisiensi dari ukuran hingga performa yang ditawarkan.

Baca juga: First Impression: DFSK Glory 560 1.5 T L-Type

"Penggunaan mesin turbocharged untuk mengejar efisiensi. Dengan mesin berkubikasi kecil saja, kemudian ditambah turbo, membuat mesin yang kecil bisa diperkuat tenaganya lebih besar. Bisa sampai 100 persen, dan itu yang membuat menarik," ujar Sugihartono.

Menurut Sugi (sapaan akrabnya), penggunaan turbocharged, membuat produsen mobil tidak perlu untuk membuat mesin terlalu besar. Efeknya secara ukuran mesin akan lebih ringkas, kemudian dari segi bobot pun lebih ringan.

Mesin DFSK Glory 560

"Bila mesin terlalu besar, bobotnya juga besar. Jauh lebih besar tenaganya juga besar tetapi berat. Jadi efisiensi berkurang. berbeda dengan mesin berteknologi turbo, kecil empat silinder ditambah turbo bisa seperti mesin V6 tanpa turbo," beber Sugihartono.

Sugi pun turut memaparkan, sebagai contoh pada mesin Glory 560, kami (DFSK) hanya perlu mesin kecil berkapasitas 1.5 liter, 4 silinder, sangat kecil mesinnya. Dengan tambahan turbo, mesin ini mampu menghasilkan tenaga 147,8 dk, dengan torsi 230 Nm.

Baca juga: Di Uji BPPT, Konsumsi BBM DFSK Glory 560 Tembus 12,66 Km/Liter

DFSK Glory 560

Selain itu, tambah Sugi, perawatan mobil bermesin turbo pun tidak membutuhkan perlakuan khusus.

"Perawatan pada mesin turbo tidak ada yg berbeda, pemilik hanya harus mengikuti buku servis saja dan tidak ada perawatan yang khusus begitupun pada jenis Glory 580 dan Glory 560 1.8 non turbo," tutup Sugihartono.

Untuk diketahui, di pasar otomotif Indonesia, tren penggunaan mesin turbocharged sendiri telah dilakukan oleh sejumlah pabrikan, seperti yang tersemat pada Honda CR-V dan Wuling Almaz. Bahkan untuk sekelas mobil premium seperti BMW pun telah menggunakan teknologi dual turbocharged seperti pada BMW X3.

POPULAR STORIES

HOT