POPULAR STORIES

Nih, Beberapa Faktor Yang Pengaruhi Harga Jual Mobil Baru Naik Setiap Tahun

Nih, Beberapa Faktor yang Pengaruhi Harga Jual Mobil Baru Naik Setiap Tahun Toyota Rush (Istimewa)

KabarOto.com - Perubahan Bea Balik Nama (BBN) kendaraan serta naiknya biaya produksi setiap tahun, berdampak kepada kenaikan harga jual kendaraan bermotor yang biasanya terjadi pada awal tahun di Indonesia. Kenaikan harga sendiri cukup beragam, tergantung dari pemerintah daerah masing-masing.

Hal ini pun turut terjadi pada hampir seluruh mobil Toyota yang mengalami lonjakan harga sekira Rp 1-2 juta di bulan Januari 2019. Menurut salah satu tenaga penjual dealer Toyota di kawasan Jakarta Selatan mengatakan, "Di awal Januari kita ada penyesuaian harga, untuk hampir seluruh model Toyota," ujarnya saat berbincang dengan KabarOto, Kamis (10/1/2019).

Baca juga: Mending Mana, Kencan Apa Beli Mobil MPV Dengan Uang Rp 80 Juta

Dia pun menjelaskan, "Kalau kenaikan harganya cukup beragam, terutama di kelas MPV, seperti Sienta, Innova, Voxy, Alphard, hingga Vellfire. Kalau untuk Avanza tidak mengalami perubahan harga, karena menunggu model baru yang akan meluncur minggu depan," jelasnya.

faktor harga jual

Penjelasan tersebut berbanding lurus dengan pernyataan Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, memasuki bulan Januari 2019 ini ada penyesuaian harga, dan hampir seluruh model naik.

Baca juga: Begini Penampakan Interior Toyota Avanza 2019

"Kita ada adjusment harga per 1 Januari 2019. Hampir seluruh model naik. Kenaikan sendiri dari berbagai faktor, seperti biaya produksi, biaya logistik, dan pajak BBN. Kami juga melihat ada beberapa faktor lainnya, seperti penerimaan pasar," ungkap Anton saat berbincang dengan KabarOto di Jakarta, Selasa (8/1/2019).