Nissan Datsun Resmi Hentikan Produksi Di Indonesia, Bagaimana Layanan Dan Suku Cadangnya?

Nissan Datsun Resmi Hentikan Produksi di Indonesia, Bagaimana Layanan dan Suku Cadangnya? Nissan Datsun Resmi Hentikan Produksi di Indonesia (Kipli/Kabaroto)

KabarOto.com - Agen Pemegang Merek (APM) Nissan dan Datsun telah mengumumkan penutupan pabrik produksinya di Indonesia beberapa waktu lalu, penutupan tersebut disinyalir merupakan buntut perjalanan dari skandal keuangan yang melibatkan mantan CEO Nissan, Carlos Ghosn pada akhir 2018.

Sejak skandal itu muncul, penjualan Nissan seakan terjun bebas. Lalu adakah solusinya bagi pemilik mobil kedua merek tersebut agar layanan penunjang tetap berjalan dengan baik?

Pihak Nissan selaku induk perusahaan mengaku tak tinggal diam dan angkat bicara terkait kejadian ini. Pihaknya mengaku masih menjalankan layanan purnajual/aftersales service yang bisa dilakukan di diler Nissan.

"Mohon agar masyarakat tidak salah persepsi, karena Nissan tetap beroperasi di Indonesia, kita terus menyediakan rangkaian produk, termasuk meluncurkan produk baru dan layanan sales & aftersales buat konsumen di Indonesia," ujar Hana Maharani selaku Head of Communication Nissan Motor Indonesia (NMI) ketika dihubungi KabarOto.

Hal tersebut ternyata juga diamini oleh salah satu tenaga penjual yang berinisial E dari diler Datsun di kawasan Depok, Jawa Barat. "Iya, betul meski tutup (Datsun) namun tetap di-backup oleh Nissan," bukanya.

Untuk urusan spare parts pun ia bilang bukan soal kendala, pasalnya ia meyakinkan bahwa beberapa tahun ke depan ketersediaan suku cadang masih melimpah. "Aman kok (ketersediaan spare parts), enggak usah khawatir," sambungnya ketika dimintai keterangan oleh KabarOto.

Baca Juga: Akhir Tahun Harga Datsun Go Dan Go + Panca Naik

Nissan Datsun Resmi Hentikan Produksi di indonesia

Ia menambahkan, imbas dari penutupan tersebut pun tak memengaruhi harga spare parts dan unit Nissan maupun Datsun untuk jangka waktu lebih dari 5 tahun ke depan.

Lebih jauh lagi, ia mengaku tak ada inden parts dan peningkatan harga selama masa tersebut, "Aman, untuk aftersales service masih aman dan murah meriah kok," tutupnya.

Bahkan beberapa toko onderdil di bengkel umum yang berlokasi di BSD, Tangerang bilang kalau mereka memiliki part hingga mesin sekennya. "Kami juga jual blok, head, girboks sampai sensor-sensornya kalau ada yang minat. Bisa dibeli ketengan (satuan) atau satu gelondong (satu set)," Ujar Herman dari Maju Berkah Abadi yang bilang lapaknya banyak menangani mobil Nissan Datsun.

Ia juga bilang kalau fast moving part kedua merek tersebut juga masih komplet dan aman untuk 5 hingga 10 tahun lebih ke depan, "Mulai kampas rem, kopling, saringan udara, pompa bensin dan part kecil lainnya masih bakal kita stok terus," tutupnya.