POPULAR STORIES

Optimalkan Setting Audio Di Mitsubishi XForce Ultimate

Optimalkan Setting Audio di Mitsubishi XForce Ultimate Foto: Harry/KabarOto

KabarOto.com - Diperkenalkan ke publik pertama kalinya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, Mitsubishi XForce memberi sebuah kejutan untuk pasar kompak Sport Utility Vehicle (SUV). Salah satunya adalah kolaborasi dengan Yamaha untuk menghadirkan kualitas suara terbaik.

Menurut pihak Mitsubishi, pemilihan merek Yamaha untuk melengkapi sistem audio Mitsubishi XForce, melewati proses penelitian panjang. Yamaha sendiri dikenal memiliki keahlian dalam teknologi dan bidang musik, termasuk produksi alat instrumennya.

Baca juga: Impresi Mitsubsihi XForce, 20 Menit Dan 3 Putaran Memberi Dampak Berbeda

Pengaturan suara disesuaikan dengan selera

Mitsubishi XForce sendiri dibekali speaker merek Yamaha dengan menggendong teknologi Dynamic Sound Yamaha Premium, teknologi tersebut memperkuat keahlian Yamaha untuk memaksimalkan keluaran suara dari speaker-nya untuk menghadirkan kualitas suara yang lebih maksimal.

Namun, tahukah jika pemilik kendaraan bisa melakukan setting ulang agar sesuai dengan selera dari pemilik dari Mitsubishi XForce Ultimate.

Pertama anda bisa memasuki setting pada head unit, pilih audio dan salah satunya adalah Tone Control, di sini bisa melakukan setting besaran treble (frekuensi tinggi), middle yang biasanya berupa peningkatan kejelasan suara vokal penyanyi dan terakhir adalah bass (frekuensi rendah) ini untuk menambah besaran suara gebukan pada woofer speaker kendaraan.

Pilihan posisi suara atau listening position

Kemudian ada untuk mengatur posisi suara, di dunia audio mobil hal ini sudah lumrah. Penikmat sound quality (SQ) biasanya akan memilih pengemudi (driver), di mana suara musik dan penyanyi akan seolah-olah berada di depan pengemudi itu sendiri.

Setting ini memanfaatkan rambatan kecepatan frekuensi suara ke telinga, dengan pengaturan seperti driver, kemudian ada setting fokus suara di depan saja (front) atau belakang saja (rear), khusus rear ini biasanya diadaptasi untuk penumpang belakang yang menggunakan supir pribadi.

Kemudian jika ingin suara maksimal keluar dari speaker depan dan belakang, bisa menggunakan pilihan All. Suara musik seperti berada dalam ruangan kabin, sehingga bisa dinikmati oleh pengemudi dan penumpangnya juga.

Baca juga: Profil Mitsubishi XForce, Penantang Baru Di Segmen Kompak SUV

Setting karakter untuk musik yang akan dinikmati

Terakhir adalah sound type, semacam setting karakter suara yang diinginkan. Jika menginginkan kualitas suara dengan bass yang kuat bisa memilih poweful, kemudian lively menonjolkan suara aslinya tanpa peningkatan di treble atau bass.

Relaxing lebih ke suara yang lebih soft, cocok untuk mendengarkan musik-musik intrumen. Dan terakhir adalah signature, ini merupakan setting maksimal yang dilakukan oleh pihak Yamaha. Suara bass yang tidak terlalu kuat dan cocok untuk menikmati semua jenis musik di kabin Mitsubishi XForce.

Sebagai informasi, Mitsubishi XForce menggendong mesin 4A91 4 silinder DOHC dengan kapasitas 1.499 cc, sanggup memuntahkan tenaga maksimal sebesar 103 dk pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm. Dilengkapi transmisi CVT yang memiliki 8 percepatan.

Saat ini, Mitsubishi XForce Ultimate CVT dibanderol sekitar Rp 412,9 juta dan Rp 379 juta untuk tipe Exceed.