POPULAR STORIES

Pabrik Baru Kia Ditargetkan Produksi 150.000 Unit Kendaraan Komersial Listrik

Pabrik Baru Kia Ditargetkan Produksi 150.000 Unit Kendaraan Komersial Listrik Teaser kendaraan komersial listrik (Foto: Kia)

KabarOto.com - Kia berencana memproduksi 150.000 unit kendaraan komersial listrik per tahun pada di pabrik barunya. Pabrikan mobil Korea Selatan ini, targetkan menjadi salah satu dari tiga produsen EV terbesar di dunia tahun 2030.

Produksi dimulai pada tahun 2025, dan akan menginvestasikan $ 755 juta untuk membeli 99.000 hektar tanah, demi proyek tersebut.

Terkait produksi kendaraan komersial listrik pertamanya, mereka berencana mengungkap model van pada tahun 2025. Produk ini akan menggunakan platform eS yang merupakan sasis khusus kendaraan elektrifikasi. Nantinya, kendaraan ini berguna untuk perusahaan pengiriman, angkutan multi-kursi, dan robotaxis.

Baca Juga: Bengkel Siaga Kia Sambut Konsumen Yang Sedang Lebaran

Teaser calon mobil listrik Kia

Pabrik akan menggunakan teknologi mutakhir, seperti metode pengorganisasian seluler. Ini mengelompokkan workstation, yang menghasilkan bagian serupa bersama-sama untuk mengurangi jarak dan mempercepat pekerjaan.

Selain itu, Kia mengklaim pabrik akan mengandalkan workstation otomatis untuk mengambil alih tugas berat yang menantang anatomi, dan kenyamanan manusia. Ini juga akan menjadi fasilitas rendah karbon, dan akan menerapkan metode konstruksi ramah lingkungan selama proses pengecatan.

Baca Juga: Kia EV9 GT-Line Siap Meluncur 2025 Mendatang, Hadir Dengan Performa Lebih Tinggi

Proyek ini merupakan bagian dari upaya yang lebih besar Kia untuk menjadi produsen EV terbesar ketiga di dunia pada tahun 2023. Bersama dengan Hyundai Motors dan Hyundai Mobis, Kia akan menginvestasikan $18,1 miliar dalam produksi EV di Korea Selatan pada tahun 2030.

“Fokus kami adalah untuk meningkatkan daya saing seluruh ekosistem kendaraan listrik, termasuk penelitian dan pengembangan, produksi, dan infrastruktur, serta memimpin dalam mendorong perubahan dan inovasi dalam industri otomotif global baru,” kata Ho Sung Song, CEO and President Kia.