Pakai Mesin Baru, Max Verstappen Abaikan Kualifikasi

Pakai Mesin Baru, Max Verstappen Abaikan Kualifikasi

KabarOto.com - Red Bull Racing Honda tak akan terlihat di barisan start terdepan di F1 Russia 2021, Minggu (26/9). Sebab Sergio Perez akan start dari posisi sembilan dan Max Verstappen akan start dari posisi paling belakang yakni 20.

Perez alami selip ban saat kualifikasi di sirkuit Sochi, Sabtu (25/9), menyebabkan ban slick turun temperaturnya. Hal tersebut dijelaskan oleh Christian Horner Team Principal Red Bull Racing Honda.

Baca juga: Max Verstappen Semakin Sulit di Rusia, Memulai Balapan dari Belakang

Sergio Perez



"Checo pastinya kecewa akan start dari posisi sembilan, kesalahan kecil saat pemanas gunakan ban slick di Q3. Hal ini membuat dirinya berusaha mengembalikan suhu ban, tapi sayang tergelincir di lintasan," beber Horner.

Adapun Perez yakin balapan hari Minggu ini akan positif. "Targetnya start bagus dan kerahkan semuanya untuk hasil terbaik," yakin Perez yang bukukan waktu 1:45,337 detik.

Sementara itu, lintasan Sochi yang terguyur hujan dan membuat potensi terjadinya insiden sangat dipahami Verstappen. Apalagi tim benar-benar memanfaatkan penalti mundur tiga posisi kualifikasi dengan mengganti mesin Honda terbaru, sehingga akan start dari posisi paling belakang.

Max Verstappen



"Kami memutuskan tidak melakukan banyak putaran di sesi kualifikasi yang memungkinkan berisiko alami kecelakaan dan itu merugikan, apalagi saya akan start dari posisi paling belakang," jelas Verstappen.

Pembalap berbendera Belanda ini sangat yakin bahwa kondisi lintasan sangat baik dan cengkeraman ban juga bagus, "Sepertinya akan sama saat balapan nanti. Tim melakukan yang terbaik dan saya percaya diri kita melakukan keputusan tepat mempersiapkan mobil."

Baca juga: Formula 1 Rusia, Pengalaman Lewis Hamilton akan Menyulitkan Max Verstappen

Kondisi saat kualifikasi, lintasan diguyur hujan



Verstappen tak berharap muluk untuk bisa naik podium di Sochi, apalagi kemungkinan semua pembalap akan berusaha mempertahankan posisi. "Di balapan nanti akan saling pepet, tapi paling penting kita balapan untuk raih poin sebanyak mungkin, lakukan yang terbaik. Berharap balapannya menyenangkan," ujar pembalap bernomor 33 ini.

Semuanya perihal mempersiapkan dengan matang untuk dirinya (Verstappen) balapan nanti ditegaskan Horner, "Perkiraan cuaca akan cerah dan di lintasan banyak tempat untuk menyalip. Kita akan lihat banyak peralihan posisi dan balapan yang menarik."