POPULAR STORIES

Pameran Khusus Kendaraan Listrik Berbasis Baterai, IEMS Kembali Digelar

Pameran Khusus Kendaraan Listrik Berbasis Baterai, IEMS Kembali Digelar

KabarOto.com - Indonesia Electric motor Motor Show (IEMS) kembali digelar dengan tema “Innovation for Better Future Transportation” di Kawasan Puspitek Serpong, Tangerang Selatan pada 24-26 November mendatang.

Pameran ini merupakan ajang khusus untuk memperlihatkan teknologi kendaraan listrik berbasis baterai yang dibuat oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), melalui Organisasi Riset Pengkajian dan Penerapan Teknologi (yang dulu disebut BPPT). IEMS sendiri pertama kali digelar pada 2019.

Baca juga: Mobil Listrik Ini Diklaim Terlaris Di Indonesia

Selain pameran, IEMS 2021 juga akan menggelar seminar dan talk show dengan pembicara para expert di bidangnya dan para stakeholder terkait. Misalnya seminar dengan tema "Regulasi Turunan Peraturan Presiden tentang Pengembangan Kendaraan Listrik", "Ekosistem Inovasi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB)", serta berbagai talkshow tentang charging station atau stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).

Inisiasi BRIN dan instansi pemerintah lainnya dalam menggelar IEMS 2021 sebagai respons atas upaya pemerintah dalam mendorong pengembangan ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV).

Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko mengatakan, “IEMS 2021 merupakan bentuk dukungan BRIN bersama stakeholders lainnya dalam pengembangan kendaraan listrik di Tanah Air dan berbagai inovasi terbaru.”

Baca juga: Honda Siapkan 5 Mobil Listrik Baru, 2 Di Antaranya Segera Hadir Di Tiongkok

Sementara itu, Hammam Riza, Pelaksana Riset Pengkajian dan Penerapan, menuturkan bahwa IEMS 2021 sebagai bentuk dukungan terhadap pelaksanaan Peraturan Presiden (Perpres) No. 55/2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan dan Peraturan Pemerintah (PP) No. 74 Tahun 2021 tentang revisi PP No. 73/2019 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

“Dalam situasi dan kondisi di pandemi Covid-19, kita harus tetap mampu beradaptasi dan berinovasi. sebab itu, ajang pameran dan seminar kendaraan listrik IEMS 2021 melalui konsep Hybrid Exhibition and Seminar dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat,” pungkasnya.