Mobil Listrik Ini Diklaim Terlaris Di Indonesia

Mobil Listrik Ini Diklaim Terlaris di Indonesia Hyundai Ioniq dan Hyundai Kona elektrik

KabarOto.com - Kendaraan listrik menjadi alat transportasi yang mulai dikembangkan oleh pemerintah Indonesia. Untuk mendukung hal tersebut, Pemerintah membentuk aturan baru untuk mobil hybrid, Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dan listrik agar harga jualnya terjangkau.

Sejumlah produsen mobil di Indonesia sudah mulai menjual produk unggulannya di Tanah Air. PT Hyundai Motor Indonesia (HMDI) mulai memasarkan mobil listrik sejak akhir tahun lalu, melalui Kona, dan Ioniq.

Baca Juga: Hyundai Tambah Dua Pabrik Penghasil Sel Bahan Hidrogen

Dua mobil listrik itu diklaim cukup laris, konsumen harus inden untuk mendapatkan mobil itu. “Kalau ditanya produk apa yang paling laku, EV sudah mendapatkan pemesanan lebih dari 600 unit. Jadi sangat fantastis penerimaan masyarakat,” terang Makmur, Chief Operating Officer PT HMDI, Senin (11/10/2021).

Makmur, Chief Operating Officer PT HMDI

Makmur kembali mengatakan, Ioniq menjadi yang paling laris, menyumbang 60%, sementara Kona 40%. Konsumen harus menunggu satu sampai dua bulan untuk mendapatkan mobil itu, sejak pertama dipesan.

“Kalau Ioniq, dan Kona EV dari SPK 600 paling kira-kira enggak banyak yang masih inden,” tambah Makmur. Sedikit informasi, Hyundai Ioniq menggunakan baterai dengan daya 38,3 killo watt per hour kWh, output 113 kW dan bisa berjalan dalam kondisi baterai penuh hingga 373 km. Tenaga maksimal mencapai 136 dk, dan torsi 295 Nm.

Kecepatan maksimal mobil ini mencapai 165 kpj, disalurkan melalui transmisi matik ke roda depan. Hyundai Ioniq ditawarkan dalam dua varian, yakni Ioniq Prime, dan Signature dengan 4 pilihan warna, dijual mulai Rp637 juta. Untuk Kona facelift satu varian dibanderol Rp697 juta (OTR) Jakarta.

Baca Juga: Baru Buka Diler Di Bintaro, Hyundai Sudah Kebanjiran Pemesanan

Sementara itu, Kona masuk di segmen SUV berdesain sporty dengan harga Rp674,8 juta. Mobil ini, dibekali baterai Lithium-ion berdaya 64 kWh, dikawinkan motor listrik 150 kW mampu kerahkan setara tenaga 134 dk dan torsi 395 Nm.