Panoramic Sunroof All New Honda HR-V Bekerja Manual, Ini Alasannya

Panoramic Sunroof All New Honda HR-V Bekerja Manual, Ini Alasannya Foto: Benny

KabarOto.com - All New Honda HR-V yang diperkenalkan oleh pihak PT Honda Prospect Motor (HPM) pada Maret lalu, ternyata menimbulkan sebuah pertanyaan yang paling mengusik pihak HPM.

Hadir dengan berbegai penambahan fitur baru, salah satunya adalah Honda Sensing yang menjadikan All New HR-V menjadi SUV dengan teknologi unggulan pertama di kelasnya.

Mengapa kini panoramic sunroof sudah tidak lagi mengandalkan kinerja elektrik?

Saat KabarOto mengamati All New Honda HR-V RS Turbo secara mendetil di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada Senin lalu (23/04). Ternyata panoramic sunroof bekerja secara manual, pihak HPM pun menjelaskan alasan kini mengandalkan kerja manual pada panoramic sunroof.

Baca juga: Inden All New Honda HR-V RS Mencapai 5 Bulan

Padahal pada generasi sebelumnya, Honda HR-V tipe paling atas (Prestige) sudah dilengkapi panoramic sunroof, namun untuk membukanya menggunakan pengoperasian secara elektrik.

Yoshitomo Ihashi selaku Large Project Leader of All-new Honda HR-V Honda Motor Co., Ltd., Automobile Operations, Monozukuri Center, menjelaskan alasannya ketika diadakan sesi tanya jawab kepada awak media di Sirkuit Mandalika, Senin kemarin (23/04).

Ia menjelaskan tidak digunakannya lagi pengoperasian secara elektrik, semata-mata demi alasan estetika agar pengemudi dan penumpang All New Honda HR-V bisa menikmati pemandangan alam melalui panoramic sunroof secara maksimal.

Baca juga: Pemesanan All New Honda HR-V Tembus 5.000 Unit

"Pemasangan mekanis elektrik pada panoramic sunroof akan memakan ruang pada bagian plafon, dipilihnya kerja manual adalah untuk membuat lapang," sebut Yoshitomo Ihashi.

Kemudia Yoshitomo Ihashi menambahkan jika panoramic sunroof yang digunakan pada All New Honda HR-V mengadopsi teknologi low econ. Teknologi ini bisa menahan panas sinar matahari lebih minim ke dalam kabin. "Apalagi dengan tambahan tirai, menahan paparan sinar UV agar saat dibuka tidak terlalu panas saat di kabin," tutup Yoshitomo Ihashi.