POPULAR STORIES

Pebalap Berdarah Indonesia Bertekad Gabung Tim Yamaha Di MotoGP

Pebalap Berdarah Indonesia Bertekad Gabung Tim Yamaha di MotoGP Michael van der Mark. (istimewa)

KabarOto.com - Pebalap Belanda yang memiliki darah Indonesia, Michael van der Mark, ingin menjadi pebalap penguji Yamaha di MotoGP demi menambah jam terbang.

Van der Mark akhir pekan lalu melakoni debut di ajang MotoGP Malaysia. Pebalap berusia 25 tahun itu didaulat sebagai pengganti pebalap Yamah Tech 3, Jonas Folger, yang absen akibat mengidap penyakit mononucleosis.

Baca Juga:

Van der Mark tampil mengesankan pada sesi tes. Dia juga hampir saja meraih poin pada saat balapan. Namun, dia mengakhiri balapan dengan menempati posisi ke-16, terpaut enam detik dari Cal Curthlow. Posisi ke-15 merupakan batas akhir untuk mendapatkan poin pada ajang MotoGP.

Van der Mark saat ini berstatus sebagai pebalap reguler tim pabrikan Yamaha pada ajang Superbike. Namun, dia siap meninggalkan Superbike untuk bergabung dengan tim Yamaha di MotoGP yang dikabarkan sedang mencari pebalap penguji dari Eropa.

"Jika diminta menggantikan pebalap reguler Yamaha di MotoGP dan mengendarai YZR-M1 lagi, saya harus lebih siap. Karena itu, peluang menjadi pebalap penguji Yamaha di MotoGP sangat menarik minat saya. Saya tahu semua masih sebatas rumor, jadi lebih baik tanyakan saja ke Yamaha soal pebalap penguji ini," kata Van der Mark seperti dikutip dari Motorsport, Kamis (2/11/2017).

Yamaha sudah memiliki pebalap penguji resmi di MotoGP dari Jepang, yaitu Katsuyuki Nakasuga. Namun, Valentino Rossi meminta Yamaha menambah pebalap penguji dari Eropa untuk melakukan tes di Benua Biru agar pengembangan motor bisa lebih maksimal.