POPULAR STORIES

Pebalap KTM Brad Binder Cetak Rekor Kecepatan MotoGP!

Pebalap KTM Brad Binder Cetak Rekor Kecepatan MotoGP! Brad Binder (Foto: MotoGP)

KabarOto.com - Pebalap KTM Brad Binder memecahkan rekor kecepatan tertinggi motor MotoGP, pada sesi sprint race MotoGP Italia 2023 yang berlangsung di Sirkuit Mugello.

Melansir data MotoGP, motor KTM RC16 yang dikendarai Brad Binder melesat hingga kecepatan 366,1 kpj. Bandingkan dengan kecepatan maksimal motor Ducati Desmosedici GP23 milik Enea Bastianini yang mampu melesat 364,88 kpj.

Baca Juga: Hasil Sprint Race MotoGP Italia 2023: Francesco Bagnaia Terdepan!

Diketahui, lintasan lurus yang panjang di Sirkuit Mugello menjadi momen para pebalap MotoGP untuk memacu motornya sampai batasnya. Paket aerodinamika motor dan perangkat elektronik memainkan peran penting. Belum lagi ketika pebalap memanfaatkan teknik slipstream yang membuat motor bisa melesat tanpa terhambat angin.

Brad Binder melesat hingga kecepatan 366,1 kpj

Sebelumnya, Dani Pedrosa pernah memegang rekor kecepatan tertinggi 349,3 kpj di Sirkuit Mugello tahun 2009. Lima tahun kemudian Andrea Iannone (Ducati) memecahkan rekor baru, yakni 354,9 kpj.

Baca Juga: 114 Kecelakaan Terjadi Di MotoGP 2023, Siapa Pembalap Paling Banyak Terjatuh?

Rekor kecepatan baru terjadi lagi oleh Andrea Dovizioso yang menggunakan motor Ducati, di MotoGP Italia. Di mana, rekor itu terjadi berturut-turut, yakni 356,5 kpj pada tahun 2018 dan 356,7 kpj di tahun 2019.

Pada tahun 2021, Johann Zarco mencatatkan rekor baru. Pebalap Pramac Ducati mencatatkan kecepatan 362,4 kpj di Doha. Di tahun yang sama, Brad Binder mencatatkan kecepatan yang sama saat latihan bebas di Sirkuit Mugello.

Setahun kemudian, Jorge Martin mencatatkan rekor baru dengan kecepatan 363,6 kpj, dengan teknik slipstream pada lap kedua GP Italia.