Pelek Peyang Karena Hantam Lubang? Begini Reparasinya

Pelek Peyang Karena Hantam Lubang? Begini Reparasinya

KabarOto.com - Lubang yang terdapat di jalan raya memang sulit diprediksi keberadaannya. Terlebih lagi, jika pengemudi tak hapal kondisi rute yang dilalui dengan cuaca yang kurang mendukung seperti hujan atau malam hari saat minim visibilitas.

Akibatnya, bagian kaki-kaki yang menghajar lubang tersebut bisa rusak, umumnya bagian pelek yang bisa retak atau penyok. Jika sudah demikian, butuh reparasi yang memakan biaya dan waktu yang relatif tak sedikit.

Willy Mohammad selaku punggawa toko pelek F*ck Wheel Dude mengatakan, "Ketika menghajar lubang, biasanya bagian lips atau barrel paling sering mengalami penyok. Kondisi ini terjadi karena dinding ban tidak dapat menahan benturan dengan baik, alhasil kedua bagian tersebut jadi tumpuannya."

Baca Juga: Produksi Lokal, DnZ Wheels Bakal Adakan Meetup Dan Produksi Masal Pelek Sampai Mancanegara

Menurutnya, dampak itu akan diikuti getaran dan ketidakstabilan mobil. Bahkan, lebih parahnya lagi tekanan angin ban berkurang. Kondisi ini tentu berakibat fatal apabila sedang melaju pada kecepatan tinggi.

”Tahap perbaikan biasa di press menggunakan alat khusus, mulanya pelek dipanaskan lalu diketok sampai lips atau barrel kembali ke kondisi semula. Ketika sudah di repair akan disetel balance menjadi 0 lagi, kalau masuk lubang ya tetap ada kemungkinan penyok lagi,” tambahnya.

Willy menyebut, ragam material pembuatan velg juga bisa mempengaruhi dampak kerusakan velg itu sendiri, jenis forged atau lightweight punya tingkat durabilitas lebih baik. Pemilik akun media sosial Instagram @willy_fwd itu menyarankan untuk selalu memperhatikan kondisi fisik pelek hingga tekanan angin ban sebelum bepergian.