POPULAR STORIES

Pelumas Tak Ada Kadaluarsa, Tapi Harus Perhatikan Ini

Pelumas Tak Ada Kadaluarsa, Tapi Harus Perhatikan Ini Pelumas tidak ada kadaluarsa hanya tak boleh terbuka (Foto: Evalube)

KabarOto.com - Pelumas atau oli biasanya digunakan oleh pengendara mobil dan motor, untuk melumasi komponen di mesin dan juga CVT. Terkadang pengguna kendaraan tidak memperhatikan kondisi oli yang ada di bengkel. Yang mereka tahu, hanya membeli dan langsung diganti oleh mekanik di bengkel.

Lalu apakah Pelumas ada kadaluarsanya?

Manager Marketing Evalube Lubricants, Ivan Rastianto mengatakan, jika pelumas tidak ada kadaluarsa. Namun, pengguna kendaraan harus perhatikan beberapa hal yang dapat menurunkan kualitas.

Baca juga: Raih Penghargaan, Evalube Buktikan Kualitas Pelumas Motor Merek Lokal

Cek keadaan Pelumas sebelum digunakan (Foto: KO)

"Terpenting penyimpanan baik, oli tidak rusak," terang Ivan, belum lama ini. Yang pasti, pelumas tidak boleh terkena cahaya matahari langsung, dan tak disarankan untk diletakkan di lantai tanpa alas.

Dia menyarankan, supaya botol tetap tertutup rapat. Jika warna pelumas terdapat perubahan, sebaiknya jangan digunakan. "Misalnya sudah berubah warna tidak disarankan untuk dipakai," tambahnya.

Dia mengatakan, jika oli sudah terbuka, bisa terjadi oksidasi, ada endapan di dalamnya. Endapan itu, adalah adiptif yang mulai terpisah dengan olinya. Endapan akan berwarna putih.

Baca juga: Evalube Berbagi Kebahagiaan Ramadan Dengan Anak Yatim Dan Ribuan Mekanik

Menggunakan oli sebaiknya sesuai dengan rekomendasi pabrikan, seperti 10W 30 atau 10W 40. Jika oengguna menggunakan oli yang tidak sesuai dengan anjuran pabrikan, kerja mesinakan berat, karena pelumas yang terlalu kental, atau terlalu encer untuk mesin kendaraan.