POPULAR STORIES

Pembalap Ferrari Kecewa Hasil Kualifikasi F1 Spanyol 2020

Pembalap Ferrari Kecewa Hasil Kualifikasi F1 Spanyol 2020

KabarOto.com - Para penggemar tim Scuderia Ferrari sepertinya harus mengelus dada. Karena dua pembalapnya jauh dari baris terdepan start di F1 Spanyol 2020.

Kualifikasi F1 Spanyol 2020 yang digelar hari Sabtu, (15/8), posisi terbaik pembalap Ferrari ada di sembilan. Diraih oleh Charles Leclerc, bukukan waktu 1:17,087 detik, tertinggal 1,503 detik dari pemegang Pole Position, Lewis Hamilton (Mercedes-AMG Petronas).

Baca juga: Hasil Kualifikasi F1 Spanyol 2020: 2 Pembalap Mercedes akan Start Paling Depan

Sedangkan Sebastian Vettel hanya bisa bertengger di posisi sebelas, tak masuk sesi kualifikasi kedua alias Q3. Vettel hanya bukukan waktu 1:17,168 detik.

Panasnya kondisi lintasan dan berangin menjadi alasan tim Ferrari alami kesulitan untuk menyempurnakan performa SF1000.

Leclerc megakui kecewa dengan hasil kualifikasi dan juga kurang senang performa mobil. "Saat awal kualifikasi tak terlalu buruk dan sering understeer, semakin buruk dan parah setiap sesi dan tak bisa menanganinya."

Mencari jalan keluarnya, Leclerc harus melihat lebih jauh untuk memahami untuk bisa menanganinya. Apalagi berada di posisi sembilan sangat mengecewakan.

"Kita tak bisa lebih kencang atau lebih cepat. Besok akan start gunakan ban kompon lunak, bukan ban yang tepat di sini." sahut Leclerc.

Sementara itu semua pembalap di belakangnya akan gunakan kompon medium dan keras. "Mungkin ini strategi terbaik, jadi ini tak akan mudah," jelasnya.

Adapun Vettel lebih menyesakkan dada, karena tak bisa masuk Q3. Dirinya hanya torehkan waktu 1:17,168 detik. Dirinya tak masuk akibat kalah 0,002 detik dari Lando Norris (McLaren).



"Saya berusaha sepanjang sesi latihan untuk menemukan keseimbangan mobil. Namun kita melihatnya sebagai hal positif, karena bebas menentukan ban untuk balapan," sahut Vettel.

Berharap kepada tim, data yang diperoleh bisa dipelajari lebih lanjut untuk mencari jalan keluarnya di balapan nanti.

Baca juga: Hasil Kualifikasi F1 Spanyol 2020: Max Verstappen akan Beri Perlawanan ke Mercedes

Laurent Mekies Sporting Director memberi jawaban atas keluhan kedua pembalap. "Balapan yang akan sulit dengan temperatur menguras kemampuan pembalap, mobil dan ban."



Dirinya menjelaskan bahwa manajemen ban akan menjadi faktor penentu, dengan beberapa strategi pilihan. Tergantung dari tim ingin memilih yang mana. "Pada dua balapan lalu bita berhasil melakukannya, dan akan kita lakukan lagi."

Targetnya adalah menempatkan pembalap finis lebih baik dari posisi start dan mendapat poin di klasemen. "Mempertahankan posisi tiga di klasemen Konstruktor, itu adalah target minimum untuk musim ini."