POPULAR STORIES

Pembalap Nasional Rifat Sungkar Kampanyekan Keselamatan Berkendara Pada Kaum Milenial

Pembalap Nasional Rifat Sungkar Kampanyekan Keselamatan Berkendara Pada Kaum Milenial Rifat Sungkar (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Rifat Sungkar selaku Direktur Rifat Drive Labs, pereli nasional, serta duta keselamatan berkendara menjadi salah satu pembicara dalam kegiatan Millennial Road Safety Festival 2019 yang digelar di kawasan car free day Bundaran HI, Jakarta Pusat pada Minggu (20/1/2019) pagi.

Kaum milenial di Indonesia yang berjumlah 65 juta jiwa dari rentang usia 20 hingga 35 tahun, tercatat menjadi generasi yang menyumbang angka kecelakaan lalu lintas tertinggi, yaitu mencapai angka 55 %. Rifat yang memiliki kepedulian tinggi terhadap road safety mengungkapkan bahwa acara seperti ini sangat penting diadakan secara berkala demi terus membantu kaum milenial tertib dan bijak dalam berlalu lintas.

“Kecelakaan lalu lintas tertinggi berada di kaum milenial. Artinya generasi penerus bangsa berada di satu lingkungan yang sangat beresiko menimbulkan kecelakaan karena berbagai macam alasan. Tentu saja hal ini perlu diantisipasi dengan melakukan pendekatan, sosialisasi, serta beragam hal lainnya yang bisa membawa kaum milenial ke arah yang lebih baik,” ungkap Rifat.

Baca Juga: Wahana Terus Kampanyekan Safety Riding Pada Masyarakat

Millennial Road Safety Festival 2019 sendiri digelar dengan gaya kasual sehingga membuat proses sosialisasi dan edukasi tentang road safety menjadi lebih menarik. Acara ini hanya permulaan karena akan dilanjutkan dengan acara pembukaan yang akan digelar pada 31 Maret mendatang di Monas, Jakarta Pusat yang juga akan turut dihadiri oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo. Setelah itu, rangkaian acara Millennial Road Safety 2019 akan dilanjutkan dengan roadshow ke 34 provinsi di Indonesia.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf, komunitas peduli lalu lintas Indonesia, beberapa presenter Tanah Air seperti Boy William, Hesti Purwadinata, Nirina Zubir, serta grup musik RAN. “Sambutannya super positif, saya sangat berharap kaum milenial menjadi semakin peduli dengan keberlangsungan hidup bangsa ini karena kemajuan bangsa Indonesia ada di tangan mereka,” tambah Rifat.

Menurut Rifat lagi, milenial adalah satu generasi yang bisa membawa perubahan terutama dalam urusan tertib berlalu lintas, karena lalu lintas adalah parameter tentang bagaimana negara-negara lain menilai bangsa kita.

“Lalu lintas adalah salah satu indikator kemajuan bangsa. Orang-orang luar biasa menilai bagaimana kebiasaan, perilaku, dan sifat suatu bangsa dari gaya berlalu lintasnya. Maka dari itu saya sebagai duta keselamatan berkendara sangat bersemangat dalam mensosialisasikan program Millennial Road Safety Festival 2019 karena ini adalah salah satu langkah nyata penyelematan generasi masa depan bangsa,” tutup Rifat.