POPULAR STORIES

Pembalap-pembalap Motor Ini Keluhkan Kondisi Aspal Sirkuit Sentul

Pembalap-pembalap Motor Ini Keluhkan Kondisi Aspal Sirkuit Sentul Pembalap motor mengikuti event balap di Sirkuit Sentul (Foto: yamaha Indonesia)

KabarOto.com - Sirkuit Sentul merupakan sirkuit berskala internasional yang berada di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Banyak event balap, baik motor dan mobil diselenggarakan di tempat ini. Lokasinya strategis, menjadi alasan para penyelenggara event balap memilih sirkuit ini. Bahkan kerap dijadikan tempat berlatih para tim balap dari berbagai daerah.

Namun, saat ini kondisi aspal Sentul, tidak layak digunakan oleh event balapan. Permukaan aspal bergelombang, lubang, hingga banyaknya pasir serta kerikil dari tambalan aspal, dinilai membahayakan nyawa para pembalap.

Baca juga: IMI Persiapkan Museum Otomotif Di Sirkuit Sentul

Kondisi ini dikeluhkan oleh rider yang sering mengikuti event balap. Salah satunya adalah Mohammad Faerozi, dari tim Yamaha Racing Indonesia. Ia bersama rekan satu tim sering mengadakan latihan dan berkompetisi di Sirkuit Sentul.

Pembalap mengikuti event Yamaha Sunday Race di Sentul (Foto: Yamaha Indonesia)

"Sirkuit ini jadi tempat latihan, karena paling mudah diakses. Tapi kondisi seperti ini, membuat kami harus lebih waspada, karena banyak hal berubah," ungkap Mohammad Faerozi, Minggu (28/08).

Ubahan menurut dia, dari karakter sirkuit yang menurutnya berbahaya. "Contoh di jalur luar pengereman sebelum masuk ke tikungan pertama, itu aspalnya banyak yang terkelupas. Kita harus lebih berhati-hati agar tak jatuh," ujar Mohammad Faerozi.

Hal serupa diutarakan Alfi Husni, dari Ziear Racing. Ia mengungkapkan, jika di tikungan S besar aspalnya jelek, membuatnya harus selalu berhati-hati saat melintas. Jika tidak, maka akan membuat dia terjatuh.

Baca juga: Ratusan Pengguna BMW Padati Sirkuit Sentul, Ikuti Driving Experience

"Paling parah di S besar, R terakhir juga masih ada lubang. Kalau bisa di sirkuit ini semua rata, aspalnya mulus agar kami juga merasa aman," ungkap Alfi Husni.

Di tempat sama, Reza Reinaldy dari Ravens 15 juga menyayangkan pengaspalan di Sentul hanya ditambal sekitar 1 meter saja. "Kemarin sudah ditambal, sekarang rusak lagi, ini kan sirkuit Internasional, aspal harusnya bagus," tambah Reza Reinaldy.

Mereka pun meminta sirkuit Sentul diaspal ulang, agar kompetisi balapan di berbagai event, dapat terlaksana dengan baik. Dan para pembalap bisa menjalani latihan, serta balapan dengan aman dan nyaman.