Pembangunan Sirkuit Formula E Di Ancol Belum Dimulai, Ini Kata IMI

Pembangunan Sirkuit Formula E di Ancol Belum Dimulai, Ini Kata IMI Ajang balap mobil listrik Formula E (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Balapan mobil listrik Formula E akan berlangsung di Ancol, jakarta Utara 4 Juni 2022 mendatang. Lokasinya, persis di sisi Selatan kawasan Ancol Beach City. Namun sampai saat ini, sirkuit tersebut masih belum dibangun, padahal seharusnya sudah mulai berjalan saat ini.

Ikatan Motor Indonesia (IMI) belum mengetahui kapan pembangunan sirkuit tersebut dilakukan. Karena untuk pembangunan, diakui IMI adalah urusan Pemprov DKI Jakarta dan juga Jakpro selaku vendor pembangunan sirkuit.

Baca juga: Ancol Akan Disulap Lagi Menjadi Tempat Berkumpulnya Pecinta Otomotif

“Pembangunan sirkuit Formula E bukan urusan dan domain kami. Itu kewenangan Pemda DKI Jakarta dan Jakpro. Kami regulator, tidak terlibat teknis,” jelas Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo di Kawasan Ancol, Jakarta Utara, Rabu (19/01).

Kawasan Pantai Karnaval Ancol (Foto: KabarOto)

IMI pun menyatakan akan mempersiapkan dan mengawal aturan balapan yang sudah ditentukan. Bahkan IMI juga mengatur seluruh regulasi yang sudah ditentukan.

Namun Bamsoet menjelaskan, jika sirkuit Formula E akan dibuat permanen. "Setelah balap mobil listrik Formula E usai, sirkuit bisa digunakan untuk sejumlah kegiatan olahraga otomotif, seperti balap sepeda motor, mobil, hingga gokart," terang Bamsoet.

Sirkuit Fomula E ini nantinya akan dibangun dikawasan Ancol Beach City, atau sekitaran Pantai Karnaval. Layout sirkuit dibangun searah jarum jam, dengan panjang 2,4 kilometer, memiliki lebar 12 meter serta panjang track lurus 600 meter.

Baca juga: Street Race Di Ancol Sukses, Polda Metro Jaya Akan Gelar Kembali Di Dua Wilayah Ini

Pemprov DKI beberapa waktu lalu menyatakan, jika pembangunan akan dimulai pada Februari mendatang, dan diperkirakan akan rampung pada April 2022 mendatang. Nantinya, setelah pelaksanaan Formula E, sirkuit tersebut akan eimanfaatkan oleh IMi untuk menggelar berbagai kegiatan otomotif, baik itu balap mobil dan juga motor.