Pembatas Jalur Sepeda, Efektifkah?

Pembatas Jalur Sepeda, Efektifkah?

KabarOto.com - Pembatas jalur sepeda permanen telah terpasang di Jalan Sudirman, Jakarta Selatan. Namun terpantau masih ada pemotor yang lewat di jalur sepeda permanen ini.

Bayu Chaniago selaku petugas Dishub Satpel Kecamatan Tebet yang sedang bertugas di lokasi masih melihat pemotor masuk lewat celah di jalur sepeda permanen, yang mulanya mereka berada di jalur kendaraan bermotor.

Baca Juga: Waduh, Fernando Alonso Kecelakaan Sepeda

Para pemotor tersebut masuk ke jalur sepeda permanen saat arus lalu lintas sedang ramai lancar. Para pemotor terlihat menaikkan kecepatannya saat melintas di jalur sepeda permanen, bahkan Ia memantau masih ada pemotor yang rehat sejenak di sepanjang jalur tersebut.

Tak hanya pembatas yang berderet, terlihat juga barrier plastik oranye turut dipasang sekitar pembatas beton. Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan dalam keterangan tertulisnya di situs PPID Pemprov DKI Jakarta bahwa rencana tersebut dilakukan untuk menunjang keamanan dan kenyamanan para pengguna sepeda.

Baca juga: Ducati e-Scrambler 'Matte Grey' Harganya Rp65,6 Juta

"Pembangunan jalur sepeda permanen ini bertujuan antara lain menjadikan sepeda sebagai moda pilihan dan alternatif yang nyaman dalam perjalanan first mile and last mile," ujarnya.