POPULAR STORIES

Pembilasan Oli Penting Dilakukan Untuk Motor Yang Terendam Banjir, Pahami Bahayanya!

Pembilasan Oli Penting Dilakukan untuk Motor yang Terendam Banjir, Pahami Bahayanya! Pembilasan oli penting dilakukan untuk motor yang terendam banjir untuk menghindari terjadinya kerusakan komponen mesin. (Foto: AHM)

KabarOto.com - Musim hujan seringkali menimbulkan genangan air hingga banjir pada sejumlah jalan. Pengendara motor wajib waspada agar tidak menerabas banjir. Jika motor terendam, ada baiknya untuk melakukan pembilasan oli pada motor.

Pembilasan oli tidak bisa dilakukan dengan cara yang sembarangan. Tentunya membutuhkan tenaga mekanik profesional agar bisa ditangani dengan benar.

Pengertian pembilasan oli

Pembilasan oli merupakan proses dengan cara membilas yang bertujuan untuk membersihkan dan menghilangkan kotoran. Proses pembilasan oli biasanya dilakukan untuk meghilangkan endapan aditif agar mendapatkan oli yang lebih bersih serta performa yang optimal.

Proses pembilasan oli dikenal oleh para pencinta otomotif dengan sebutan flushing. Tindakan ini tidak berarti sebagai langkah yang harus dilakukan secepat mungkin pada motor dengan kondisi normal, melainkan harus segera ditangani pada motor maupun mobil yang terendam banjir.

Sepeda motor yang tergenang banjir berpotensi mengalami kerusakan mesin. (Foto: Kipli/KO)

3 manfaat pembilasan oli atau flushing

Pada kasus motor atau mobil yang terendam banjir, bisa berakibat fatal bagi mesin kendaraan karena oli pada motor atau mobil dapat terkontaminasi air. Kondisi ini mengakibatkan menurunnya performa kendaraan serta kendala lainnya. Berikut manfaat lain yang perlu diketahui dari pembilasan oli:

  • Membuat performa mesin kembali normal

Mesin motor atau mobil terasa tidak prima dan memiliki kendala setelah terendam banjir. Untuk memulihkan atau meningkatkan kinerja mesin sepeda motor, dilakukan pembilasan pelumas. Tindakan ini bertujuan untuk memastikan mesin kembali beroperasi secara optimal dengan menggunakan pelumas yang tidak terkontaminasi.

Baca Juga: Bikers Wajib Ketahui Fungsi Bearing Di Sepeda Motor, Kenali Tanda Kerusakannya

Setelah melalui proses pembilasan, diharapkan kualitas oli mencapai kondisi yang optimal, sehingga dapat memberikan pelumasan yang efektif pada mesin. Hal ini secara langsung akan berdampak pada performa mesin, menjadikan sepeda motor mampu berfungsi dengan lancar seperti pada kondisi normal.

  • Mencegah terjadinya kerusakan pada komponen mesin

Pembilasan oli juga penting untuk dilakukan demi mencegah terjadinya kerusakan pada komponen mesin. Perlu diketahui bahwa kontaminasi oli dan air bisa merusak berbagai komponen mesin.

Jika terjadi kerusakan pada komponen mesin, tentu saja akan terjadi kerusakan yang cukup parah dan harus mengeluarkan biaya lebih banyak lagi untuk perbaikan mesin yang dialami.

  • Melancarkan kerja pelumas

Proses pembilasan pelumas juga dilakukan demi memperlancar kerja pelumas setelah terendam banjir.

Demi mendapatkan pelumas yang bisa bekerja optimal, segera lakukan pembilasan oli. Pastikan juga bahwa proses pembilasan tersebut dilakukan dengan tepat dan jika perlu ditangani oleh ahli yang profesional.

Baca Juga: 4 Perawatan Yang Bisa Diterapkan Agar Cat Bodi Mobil Awet

Cara pembilasan oli atau flushing

Oli lama harus dikeluarkan hingga bersih sebelum mengganti dengan oli pembilas yang baru. Setelah menyalakan mesin sebentar, lalu matikan dan buang oli pembilas. Selanjutnya, masukkan oli baru sesuai kebutuhan setelah mesin bersih.

Sebaiknya, lakukan pembilasan ini di bengkel profesional atau bengkel resmi untuk hasil yang optimal. Pilih jenis oli yang sesuai dan berkualitas agar mendukung performa mesin secara maksimal.

Tempat yang paling baik untuk melakukan pembilasan oli

Disarankan untuk melakukan pembilasan pelumas di bengkel resmi sesuai dengan jenis motor yang dimiliki. Bagi yang tidak berpengalaman mengganti oli, jangan melakukannya sendiri, bengkel merupakan pilihan yang lebih disarankan.

Ahlinya dapat memastikan bahwa proses pembilasan sesuai dengan teori dan dapat melakukan pemeriksaan tambahan jika diperlukan. Jangan tunda pembilasan oli, terutama jika motor baru saja terendam banjir.