POPULAR STORIES

Pemerintah Dorong Sistem Swap Baterai Tekan Harga Kendaraan Listrik

Pemerintah Dorong Sistem Swap Baterai Tekan Harga Kendaraan Listrik Ilustrasi: Swap Battery Station di IIMS 2023 (foto : Rizky/KabarOto)

KabarOto.com - Pemerintah tengah menggencarkan sistem 'swap' (tukar) baterai untuk bisa menekan harga kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB), khususnya sepeda motor.

"Kita juga akan sampai kepada swap baterai dan itu akan menurunkan cost dari sepeda motor karena baterainya saat ini masih masuk di dalam (badan motor),” ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Baca Juga : Pengguna Kendaraan Listrik Terus Tumbuh, PLN Hadirkan SPKLU Baru

Luhut mengatakan, semua langkah-langkah untuk mendukung adopsi KBLBB akan dilakukan secara bertahap dan tidak mungkin sekaligus dilakukan.

Ilustrasi: Pengguna Motor listrik bisa menukarkan baterai lama tanpa harus mengecas

Kendati masih bertahap, pemerintah tetap akan mendorong peningkatan adopsi kendaraan listrik hingga 10 persen dalam dua tahun.

Dengan peningkatan adopsi kendaraan listrik, diharapkan juga akan mendorong pembukaan pusat-pusat produksi baru yang akan menggairahkan produksi dalam negeri.

Baca Juga : Ada 4 SPKLU di Ruas Tol Semarang-Batang, untuk Pemudik Menggunakan Kendaraan Listrik

“Yang paling penting lagi mesin-mesin atau motor-motor dari sepeda motor sudah buatan dalam negeri dan yang penting lagi, yang paling kita catat, kualitas udara seperti Jakarta ini bisa sangat membaik,” katanya.