POPULAR STORIES

Pemerintah Inggris Meminta Pabrikan Otomotif Bantu Atasi Covid-19

Pemerintah Inggris Meminta Pabrikan Otomotif Bantu Atasi Covid-19 Sumber Foto : Autocar.uk

KabarOto.com – Baru-baru ini Pemerintahan Inggris meminta agar pabrikan otomotif untuk membantu penanganan Virus Corona. Caranya dengan memproduksi alat kesehatan, seperti ventilator. Untuk Sobat KabarOto yang belum tahu, alat bantu pernafasan ini memang sangat dibutuhkan pasien yang terjangkit Covid-19.

Pada hari Senin kemarin, (16/3), beberapa merek yang disebut oleh Pemerintah di Inggris seperti Ford, Rolls-Royce dan Honda. Hal ini disampaikan langsung oleh Perdana Menteri Britania Raya, Boris Johnson di hadapan lebih dari 60 pengusaha pabrik. Ia meminta pabrikan otomotif ikut serta memproduksi peralatan medis vital untuk National Health Service (NHS).

Baca Juga : Dukung #dirumahaja Gojek Pastikan Pesan Makanan Bebas dari Virus Corona

“Perdana Menteri dengan jelas merespons penyebaran Covid-19 dan upaya menguranginya yang membutuhkan semua pihak. Ia meminta pabrikan turun tangan dengan menawarkan kemampuan dan keandalan masing-masing dalam memproduksi komponen. Berbagai jenis pabrikan bisa terlibat dalam beragam proses seperti : desain, pengadaan, perakitan, pengujian bahkan pengiriman. Ungkap Juru Bicara melalui wawancara Reuters.

Pemerintah Inggris memang sudah mengupayakan berbagai hal. Seperti mengkoversi hotel jadi rumah sakit darurat, meminta dokter yang sudah pensiun untuk turut serta membantu tim medis. Mereka bahkan memilih dengan cermat proses operasi penyakit lain yang bisa ditunda selama masa penanganan Covid-19.

Menteri Kesehatan Inggris, Matt Hancock menyatakan optimisme akan langkah ini, menurutnya, banyak pihak yang sudah merespons permintaan produksi ventilator.

“Kami akan beli ventilator sebanyak mungkin. Ini bukan masalah mencapai target, kami hanya berupaya menyediakan sebanyak mungkin yang kami bisa untuk masyarakat yang terjangkit,” ungkapnya di hadapan parlemen.

Baca Juga : Pengendara Mobil dan Motor Wajib Gunakan Ini Untuk Cegah Virus Corona

Respon positif juga diberikan pabrikan. Misalnya Rolls-Royce, mereka menyatakan siap membantu apapun yang mereka bisa. Begitu juga dengan Honda, yang pabriknya memiliki kapasistas produksi kendaraan lebih dari 110 ribu unit pertahunnya, siap mengeksplor potensi produksi ventilator. Masing-masing pabrikan sejatinya belum tahu langkah taktis apa yang bisa dilakukan, namun merespon dengan baik permintaan dari pemerintah patut diapresiasi.

Wabah Covid-19 memang tidak bisa dihindari, terutama di wilayah Inggris yang makin melonjak. Pada hari Kamis (19/3) sudah tercatat 3,269 yang terkonfirmasi positif Covid-19, dan sudah menelan 144 korban jiwa. Peringatan isolasi sudah diberlakukan untuk 12 minggu ke depan.