POPULAR STORIES

Pemilik Mobil Listrik Bisa Isi Daya Baterai Sambil Ngopi

 Pemilik Mobil Listrik Bisa Isi Daya Baterai Sambil Ngopi Peresmian EV Fast Charging Station di Starbucks Adhyaksa (Foto: Hyundai)

KabarOto.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) meresmikan fasilitas EV Fast Charging Station di Starbucks Adhyaksa. Di mana, fasilitas ini sudah bisa digunakan mulai 31 Oktober lalu.

Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), mengatakan, “Kami harap kehadiran EV Fast Charging Station di Starbucks Adhyaksa semakin mematangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.”

EV Fast Charging Station di Starbucks Adhyaksa tersedia bagi seluruh pengguna kendaraan listrik Hyundai ,dan pemilik kendaraan listrik lain dengan tipe charger DC CCS2 yang kompatibel dengan fasilitas tersebut.

Baca Juga: Hyundai Ioniq 5 Disney100 Platinum Concept Diproduksi Hanya 1.000 Unit

Fasilitas EV Fast Charging Station di Starbucks Adhyaksa

Terdapat dua unit fast charger gun yang tersedia dengan daya 47 kW. Sebagai contoh, dengan tenaga sebesar itu, Ioniq 5 mampu dikendarai hingga sekitar 300 km dengan satu jam pengisian daya di charging station ini.

Sebelumnya, HMID telah mengumumkan kerjasama bersama PT Lippo Malls Indonesia untuk mendirikan EV Charging Station di 52 lokasi mal. HMID juga tengah melakukan uji coba EV Ultra-fast Charging Station di Plaza Indonesia, dan akan terus membangun lebih banyak Ultra-fast Charging Stations dari tahun 2024.

Baca Juga: Mengenal Fitur Vehicle-to-Load (V2L) Pada Mobil Listrik Hyundai

Menurut data Gaikindo, penjualan kendaraan listrik di Indonesia selama Januari–September 2023 mencapai 12.081 unit, naik 279% dibanding periode yang sama tahun lalu. Dalam kurun waktu yang sama, produksi kendaraan listrik di Indonesia ikut meningkat 130% secara yoy.

Selain memperluas keberadaan charging station sebagai infrastruktur esensial bagi kendaraan listrik, HMID berencana meningkatkan kapasitas produksi kendaraan listrik di Indonesia. Saat ini, fasilitas PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) telah memproduksi Ioniq 5 sebanyak 20.000 unit per tahun.