POPULAR STORIES

Mengenal Fitur Vehicle-to-Load (V2L) Pada Mobil Listrik Hyundai

Mengenal Fitur Vehicle-to-Load (V2L) pada Mobil Listrik Hyundai Mengenal Fitur Vehicle-to-Load (V2L) pada Mobil Listrik Hyundai (HMID)

KabarOto.com - Salah satu inovasi yang ditawarkan Hyundai di Ioniq 5 Bluelink dan Ioniq 6 adalah Vehicle-to-Load (V2L) yang memungkinkan pengguna untuk mengisi daya berbagai peralatan elektronik dimana saja dan kapan saja.

E-GMP memungkinkan mobil tersebut untuk memiliki port pengisian daya yang dapat digunakan secara dua arah, baik menerima maupun menyuplai arus listrik. Dengan begitu, pengguna bisa mendapatkan sumber listrik saat berada di dalam maupun di luar kendaraan.

Adapun fitur V2L mobil itu dapat memasok daya AC (230V / 50Hz) dengan konsumsi daya maksimum hingga 3,6kW. Berkat dukungan daya itu, mobil diklaim mampu mengisi daya berbagai peralatan elektronik dengan lancar, mulai dari alat rumah tangga hingga kendaraan listrik kecil seperti skuter. Fitur V2L ini pun sudah dilengkapi dengan sistem yang mampu mencegah overload untuk menjamin keamanan pengisian daya.

Baca Juga: Mengenal Tugas Air Purifier Pada Kendaraan Sobat

Untuk menggunakan fitur V2L, pengguna bisa pakai port di dalam kendaraan (Indoor V2L) yang berada di bawah kursi baris kedua. Indoor V2L bisa digunakan saat kendaraan dalam kondisi menyala ataupun sedang berjalan.

Status fitur V2L bisa dilihat lewat warna lampu yang menyala pada port, di mana biru berarti standby mode, hijau berarti fitur V2L sedang berfungsi normal, dan merah berarti tidak ada daya listrik yang mengalir.

Pengguna juga bisa menikmati kemudahan fungsi Outdoor V2L dengan memasang V2L External Adaptor orisinal dari Hyundai pada port pengisian daya kendaraan. Outdoor V2L ini bisa dipakai saat kendaraan dalam kondisi berhenti atau mati. Tata cara penggunaan Outdoor V2L adalah sebagai berikut:

- Menetapkan batas penarikan daya listrik dari 20% hingga 80%. Pengaturan ini dapat dilakukan melalui head unit dengan cara masuk ke menu EV, lalu pilih opsi EV Charge Transfer V2L.

- Sambungkan V2L External Adaptor pada port pengisi daya kendaraan

- Buka penutup V2L External Adaptor, sambungkan perangkat elektronik yang diinginkan, lalu tutup kembali. Tekan tombol on/off pada V2L External Adaptor agar daya listrik dapat langsung digunakan sesuai kebutuhan. Untuk cek apakah daya listrik mengalir, periksa nyala lampu hijau pada V2L External Adaptor atau indikator V2L yang muncul pada head unit.

- Untuk menghentikan penggunaan Outdoor V2L, tekan tombol on/off pada V2L External Adaptor, tekan tombol pengunci dan pembuka kunci pintu mobil pada smart key, lalu lepas V2L External Adaptor dari port pengisi daya kendaraan.

Baca Juga: Mengenal Recce Car Dalam Dunia Rally, Apa Itu?

Saat sedang menggunakan fitur V2L, pengguna bisa mengawasi kegiatan pengisian daya di LCD cluster display. Ada tiga keterangan atau status yang perlu diketahui oleh pengguna, yaitu:

V2L has ended. Battery level has reached the set value. Status ini berarti kendaraan berhenti menyuplai daya dan penggunaan fitur V2L telah selesai sesuai dengan batas konsumsi kendaraan listrik yang telah ditentukan oleh pengguna. Jika ingin meneruskan penggunaan V2L, pengguna bisa menurunkan batas konsumsi kendaraan listrik dari yang telah ditentukan sebelumnya.

V2L stopped due to excessive power use. Status ini berarti pengguna memakai fitur V2L untuk mengisi daya listrik alat-alat yang membutuhkan daya lebih besar dari yang dapat disuplai oleh kendaraan. Maka dari itu, pastikan total konsumsi listrik dari alat yang akan dihubungkan kendaraan melalui V2L tidak melebihi output daya maksimum di 3,6kW.

V2L conditions not met. Status ini berarti ada kondisi-kondisi tertentu yang tidak memungkinkan bagi pengguna untuk mengaktifkan fitur V2L.