POPULAR STORIES

Pemprov NTB Luncurkan Bus Ramah Disabilitas, Bisa Angkut 30 Penumpang

Pemprov NTB Luncurkan Bus Ramah Disabilitas, Bisa Angkut 30 Penumpang

KabarOto.com - Sarana transportasi saat ini sudah begitu berkembang. Berbagai fasilitas serta layanan di dalamnya juga ikut membantu mudahkan pengguna. Baru-baru ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB meluncurkan bus ramah disabilitas, maupun orang lanjut usia, ibu hamil, serta anak-anak.

Adanya inovasi terhadap transportasi umum ini dilakukan sebagai upaya menyediakan transportasi aman dan nyaman untuk seluruh masyarakat. Pemprov NTB beserta Dinas Perhubungan NTB juga menyadari, saat ini di Indonesia masih minim kendaraan ramah disabilitas yang tersedia.

"Merupakan kewajiban bagi pemerintah menyediakan fasilitas bagi semua kalangan, termasuk disabilitas," ujar Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah.

Baca Juga: Ramah Disabilitas, Begini Cara Atur Jok Toyota Sienta Welcab Dari Aplikasi

Dalam kesempatan tersebut, pria yang akrab disapa Doktor Zul ini bercerita saat ia berkunjung ke Old Trafford, stadion Manchester United mereka memiliki satu tempat khusus yang disediakan untuk tuna netra.

"Jadi yang dilakukan hari ini adalah hal yang sangat maju," ungkapnya.

Bus ramah disabilitas ini akan dilakukan uji coba terlebih dahulu sebanyak 3 unit. Rencananya, uji coba akan tersebar di Lombok untuk satu unit, dan dua unitnya lagi di Pulau Sumbawa. Sementara rutenya direncanakan bakal melewati Sekolah Luar Biasa (SLB) karangjangkong, cakra, dan lainnya.

Baca Juga: Syarat Pembuatan SIM Bagi Penyandang Disabilitas

Bus tersebut mampu mengangkut 30 penumpang disabilitas dengan komposisi 10 kursi roda dan 20 penumpang tanpa kursi roda.

"Selain kursi roda, misalnya untuk penumpang tuna rungu, tuna grahita, dan sebagainya," jelas Kadishub Provinsi NTB Drs. Lalu Bayu Windya, M.Si.

Gubernur NTB juga berharap bahwa di HUT NTB yang jatuh pada Desember mendatang sudah bisa menyediakan bus ramah disabilitas di 10 Kabupaten/Kota se-NTB.

"Mudah-mudahan saat ultah NTB nanti, armadanya sudah kita tambah sehingga ada di seluruh kab kota di NTB. Perjalanan panjang selalu dimulai dengan langkah pertama," harap Zulkieflimansyah.