Ramah Disabilitas, Begini Cara Atur Jok Toyota Sienta Welcab Dari Aplikasi

Ramah Disabilitas, Begini Cara Atur Jok Toyota Sienta Welcab dari Aplikasi

KabarOto.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) di 2020 ini telah meluncurkan sejumlah lini model kendaraan. Mengingat momen HUT RI ke-75 pada Agustus lalu, ada dua jenis mobil yang diluncurkan yaitu Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited dan Toyota Sienta Welcab.

September 2020 KabarOto berkesempatan untuk mencicipi Toyota Sienta Welcab. MPV ini dikemas sebagai mobil ramah disabilitas, sehingga salah satu joknya bisa diatur sedemikian rupa hingga keluar dari mobil. Adanya inovasi ini mempermudah naik dan turunnya penumpang.

Baris kedua Sienta Welcab komposisinya captain seat, hanya jok sebelah kirinya bisa diatur untuk keluar menggunakan remot yang ada di sisinya. Pada kaki juga terdapat pijakan yang bisa dilipat. Papan pijakan ini sangat membantu posisi kaki karena tidak dibiarkan terseret-seret.

Baca Juga: Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited Dan Sienta Welcab Hadirkan Fitur Kesehatan

Pengaturan ini hanya bisa dilakukan untuk satu jok saja Sob, sementara jok sebelah kanan normal tidak ada pengaturan serupa.

Di remote-nya hanya ada dua tombol yaitu naik dan turun. Prosesnya keluar-masuk jok memakan waktu sekitar 20 detik dengan cara menekan tombol di remot secara terus menerus. Motorized yang digunakan yaitu dinamo buatan Denso.

Saat KabarOto mencoba beberapa kali, nampaknya tak selalu mulus karena sempat terhenti ketika di perbatasan pintu. Jangan panik, ketika terhenti seperti itu, KabarOto akan menekan tombol mundur (panah ke bawah) dua sampai tiga detik, kemudian melanjutkan mengeluarkan jok dengan menekan tombol maju (panah ke atas) sampai prosesnya selesai.

Baca Juga: Ini Fitur Detail Toyota Innova TRD Sportivo Dan Sienta Welcab Yang Baru Meluncur

Ketika jok sudah bergerak hingga keluar mobil, joknya juga akan merendah hingga batas bawah jok sama dengan batas atas ground clereance. Cukup rendah, kan? Jadi saat jok ini digunakan oleh disabilitas atau orang tua yang sudah kesulitan jalan, hal ini akan sangat membantu proses naik dan turun mobil.

Koneksi bluetooth

Tak hanya bergantung pada remote, Sobat KabarOto juga bisa mengatur jok menggunakan smartphone. Jika di IOS, bisa mengunduh aplikasi bernama Seat Control. Koneksi yang digunakan yaitu bluetooth, jadi smartphone dan Toyota Sienta Welcab milik Sobat KabarOto harus tersambung terlebih dahulu.

Remote di jok
Remote di aplikasi Seat Control

Saat bluetooth di smartphone dan mobil sudah tersambung, Sobat KabarOto bisa menyambungkan ke aplikasi. Akses bluetooth bisa dilihat di belakang jok, ada kode dan ada barcode yang memudahkan. Jadi, setiap mobil akan memiliki kode masing-masing ya.

Jika jok dan aplikasi sudah terkoneksi, cara menggunakannya sama seperti di remote karena hanya ada tombol naik dan turun. Saat KabarOto coba, aplikasi bisa digunakan hingga jarak 3 meter. Sehingga tak melulu harus di dekat jok.