Penantian 12 Tahun, Rifat Sungkar Dan Tim Berhasil Bawa Xpander Rally Team Juarai APRC Danau Toba

Penantian 12 Tahun, Rifat Sungkar dan Tim Berhasil Bawa Xpander Rally Team Juarai APRC Danau Toba Foto:Karyaku

KabarOto.com - Rifat Sungkar yang tergabung dalam Mitsubishi Xpander Rally Team (MXRT) akhirnya memastikan gelar juara Rally Danau Toba Asia Pacific Rally Championship (APRC) sekaligus Kejuaraan Nasional Rally 2022, hari Minggu (25/09).

Hasil tersebut diraih setelah Rifat Sungkar, yang berpasangan dengan navigator Benjamin Searcy, menuntaskan 4 Special Stage (SS) di Leg 2 (hari kedua). Rifat dan Ben mencatat total waktu 2 jam 2 menit 24,4 detik setelah menyelesaikan 12 SS sejak hari pertama.

Kendala juga sempat dihadapi saat dua ban pecah akibat panas dan kerasnya lintasan. Mesin yang kehilangan tenaga akibat bahan bakar yang overheat sempat pula dialami pasangan pereli andalan MXRT itu. Namun usaha tim berhasil menyelesaikan 8 SS di hari pertama.

Pada hari kedua, persaingan semakin keras mengingat jarak waktu antar pereli tidak terpaut jauh. Para pesaing mencoba mencatat waktu tercepat pada 4 SS terakhir.

Baca juga: Ditempa Overheat dan Hujan Badai, Rifat Sungkar dan Ben Searcy Tetap Bawa Xpander AP4 Melesat

Sayangnya, menurut tim di Rally Danau Toba, bukan hanya kemampuan teknik berkendara yang utama. Dengan lintasan yang berat, performa kendaraan juga dituntut prima. Hal itulah yang kemudian membuat beberapa pesaing MXRT berguguran, akibat tunggangan mereka mengalami masalah teknis dan tidak dapat meneruskan lomba.

“Kami sudah memperkirakan bahwa lintasan Rally Danau Toba ini menuntut segala hal mulai dari skill berkendara, ketenangan, kesabaran juga kerjasama dalam tim,” ucap Irwan Bagong selaku Manajer MXRT.

Rifat sendiri sangat puas atas hasil yang ia raih. Menurutnya, gelar juara yang diraih adalah hasil dari kekompakan semua pihak di dalam tim.

Baca juga: Rifat Sungkar Bicara Soal Kecelakaan Sean Gelael Dan Bamsoet

“Saya sangat puas dan bangga dengan hasil yang kami peroleh. Menjadi juara di Rally Danau Toba APRC bukan semata karena usaha saya dan Ben di balik kemudi, tapi hasil kerja keras seluruh tim,” ujar Rifat.

Pemukim kawasan Tangerang Selatan itu juga mengemukakan, bahwa secara pribadi hasil yang diraih di Rally Danau Toba merupakan penantian selama 12 tahun di ajang reli.

“Ini pencapaian yang luar biasa karena mampu juara di ajang reli tingkat Asia Pasifik. Bagi saya pribadi hasil ini memberi kebanggan tersendiri, sementara bagi Mitsubishi hal ini memperpanjang catatan emas Mitsubishi di arena reli,” tutup Rifat.