POPULAR STORIES

Pendapatan Ojek Online Dinilai Meningkat Setelah Gunakan Motor Listrik

Pendapatan Ojek Online Dinilai Meningkat Setelah Gunakan Motor Listrik Pengemudi ojek online mencoba motor listrik (Foto ilustrasi: Ecgo)

KabarOto.com - Pengemudi ojek online saat ini banyak yang sudah menggunakan motor listrik untuk mengangkut penumpangnya. Motor listrik ini dinilai lebih menguntungkan buat mereka, ketimbang motor konvensional.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, selain menurunkan beban operasional, motor listrik merupakan game changer, untuk mengurangi emisi gas buang kendaraan.

Baca Juga: Kemenhub Sediakan Layanan Pengujian Motor Listrik Konversi

Ia mencontohkan, pengemudi ojek online, menggunakan kendaraan listrik operational expenditure turun separuh, namun penghasilan naik.

Untuk mendorong percepatan pengadaan motor listrik, pihaknya juga mendorong swasta untuk ikut melakukan edukasi dan sosialisasi.

Pengemudi ojek online gunakan motor listrik (Foto Ilustrasi: Gojek)

"Tentu target-target yang disampaikan pak Menteri ESDM dan pak Menko (Luhut) bukanlah hal mudah. Tapi apabila (dilakukan) sama-sama, ini luar biasa," terang Budi, baru-baru ini.

Kembali menjelaskan, misalnya Kapolri memerintahkan 10 Kapolsek, Kemenhub siap menguji. "Kalau polisi saja sudah luar biasa, kamu ngikut, karena pak polisi lebih banyak," tambahnya.

Ini penting sebagai bentuk sosialisasi. Karena dia menilai percuma jika pemerintah sudah mencanangkan program, namun tidak ada contoh.

Baca Juga: Pemerintah Terus Sosialisasikan Program Konversi Motor Listrik Ke 10 Kota Besar

"Polisi sudah melaksanakan di KTT G20 di Bali, dan sekarang masih jalan lancar. Kami juga sudah menggunakan kendaraan dinas. Harapan kami semua melakukan itu," tambah pria berkacamata ini.