POPULAR STORIES

Pengguna IPhone Dan Samsung Galaxy S21 Dapat Berbagi Kunci Mobil Digital

Pengguna iPhone dan Samsung Galaxy S21 dapat Berbagi Kunci Mobil Digital Ilustrasi penggunakan kunci digital mobil melalui smartphone (Foto: BMW)

KabarOto.com - Google telah mengumumkan, pengguna iPhone untuk berbagi kunci digital mereka dengan pengguna Pixel 6 dan Samsung Galaxy S21. Ini merupakan yang pertama kalinya, di mana pemilik kendaraan dapat membagikan kunci mereka di berbagai platform.

Meskipun pengguna Android sudah dapat menggunakan teknologi kunci digital sejak tahun 2021, tapi terbatas. Sekarang, salah satu daya tarik utama teknologi ini, adalah berbagi kunci secara virtual, tidak terlalu dibatasi oleh perangkat.

Baca juga : Honda Luncurkan Teknologi Generasi Selanjutnya Dari Honda Sensing 360 Dan Honda Sensing Elite

Fitur ini tersedia untuk pengguna iPhone, dengan iOS 16.1 atau lebih baru, serta pengguna Google Pixel 6 atau lebih tinggi dan Samsung Galaxy S21 dan lebih tinggi.

Namun kabarnya, akan tersedia juga untuk pengguna ponsel lain, selama mereka menggunakan Android 12 atau iterasi sistem operasi yang lebih baru.

Kunci digital pada smartphone sudah digunakan pada mobil BMW

Pihak Google belum memberikan batas waktu kapan fitur berbagi kunci digital akan ditambahkan ke ponsel lain. Untuk menggunakan fungsi ini, penerima kunci digital harus terhubung ke internet.

Baca juga : Ini Teknologi PPF Kendaraan Yang Dipasarkan Maxdecal

Sayangnya, ini adalah langkah yang sepertinya tidak akan mempengaruhi sebagian besar populasi mobil. Sebab hanya beberapa merek, seperti BMW, Hyundai, Kia, dan Genesis, yang menawarkan fitur tersebut. Namun, teknologi bisa saja akan berkembang lebih jauh ke merek lain.

Sebagai informasi, kunci digital memungkinkan pengemudi menggunakan ponsel mereka untuk membuka kunci, dan menyalakan kendaraan. Serta dapat dibagikan melalui aplikasi seperti Mail, Pesan, dan WhatsApp.

Biasanya, pengguna harus mengeluarkan ponsel mereka dari saku, dan meletakkannya di samping pintu untuk membuka kuncinya. Tetapi, Engadget melaporkan, bahwa pemilik Samsung (dan pemilik ponsel lain dengan teknologi ultra-wideband), dapat membuka kunci mobil, saat ponsel masih berada di saku.