POPULAR STORIES

Penjelasan Singkat Oli Mesin Yang Digunakan Mobil F1

Penjelasan Singkat Oli Mesin yang Digunakan Mobil F1 Dok : Red Bull Content Pool

KabarOto.com - Oli jadi sumber pelumasan di sebuah mesin, baik di mobil harian hingga Formula 1. Namun yang buat penasaran adalah, apakah spesifikasi oli mesin mobil harian dan F1 sama? Begini jawaban singkatnya.

Pertama perlu diketahui, kinerja mesin mobil F1 jauh lebih berat ketimbang mobil biasa. Pasalnya mesin F1 bisa digeber hingga 15.000 rpm dan suhu sampai 300 derajat celsius dalam waktu lama. Tentu butuh oli yang mampu melumasi secara maksimal ruang bakar.

Pengujian aditif di oli Shell tim Scuderia Ferrari.
Pengujian aditif di oli Shell Scuderia Ferrari.

Setiap tim punya pemasok oli masing-masing, misalnya saja Scuderia Ferrari dengan Shell, Red Bull Racing menggunakan Mobil1, McLaren dengan Gulf, dan lainnya.

Baca Juga : 3 Tim F1 Sudah Umumkan Tanggal Rilis Mobil Baru

Fungsi oli di mobil F1 untuk melumasi, sehingga meminimalisir keausan mesin, dan juga pendinginan. Ada pun viskositas oli atau tingkat kekentalan yang digunakan adalah 10W-60, dengan campuran zat aditif dirahasiakan. Serta setiap mesin, membutuhkan hingga 5 liter, tidak beda jauh seperti mobil pada umumnya.

Kekentalan ini dinilai paling pas, agar oli tetap stabil dalam menjaga pelumasan dalam kondisi ekstrem. Sehingga tidak cepat menguap dan mesin jadi kekurangan oli, karena FIA telah membatasi penguapan oli 0,6 liter per 100 km.

Baca Juga : Esteban Ocon Bangga Ungguli Fernando Alonso

Lalu setiap oli juga ditambahkan aditif rahasia seperti anti karat, anti busa, anti gesekan mencegah keausan, detergen untuk mencegah timbulnya lumpur dan sebagainya.

Ukuran kandungan tidak boleh diketahui oleh tim lain, karena bisa mempengaruhi performa setiap tim.